ANALYSIS OF THE FIFTH GRADE STUDENTS’ HIGHER ORDER THINKING SKILLS ON SCIENCE IN THE ECOSYSTEM THEME AT ELEMENTARY SCHOOLS

Authors

  • Oktyas Wahyu Kurniawati Universitas Jember, Indonesia Author
  • Nuriman Universitas Jember, Indonesia Author
  • Kendid Mahmudi Universitas Jember, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7866

Keywords:

higher order thinking skills, bloom's taxonomy, ecosystem

Abstract

The purpose of this study is to describe the students’ higher order thinking skills based on the concept of cognitive domain thinking in the revised version of Bloom's taxonomy on the science with ecosystem themes at elementary schools. This study used descriptive research with qualitative approach. The subjects of this study were the fifth grade students at SDN Kepatihan 06 Jember, SDN Sumbersari 03 Jember, and SDN kebonsari 04 Jember. The data were collected through tests and interviews. The results of this research were the students’ higher order thinking skills in the elementary schools had various categories, namely low, medium and high categories. From the results of the study, it can be concluded that the students’ higher order thinking skills on the science with ecosystem theme at elementary schools were low category with 86.08%, medium category with 12.66%, and high category with 1.26%. The low level of thinking ability was influenced by the level of understanding of the concepts in the ecosystem material that led students to have problem in understanding it.

References

Damayanti, D. R., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2018). Pengembangan instrumen penilaian two-tier multiple choice question untuk mengukur keterampilan proses. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 252–261.

Delvionna, A. (2018). Analisis pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Padang pada materi sistem peredaran darah menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice (Skripsi). Universitas Negeri Padang.

Depdiknas. (2013). Materi pelatihan guru implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs ilmu pengetahuan alam. Kemendikbud.

Dwianti, L. I. (2017). Pelaksanaan pengajaran remedial pada mata pelajaran matematika di kelas II sekolah dasar (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Masyhud, S. (2015). Analisis data statistika untuk penelitian pendidikan (Edisi ke-4). Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.

Masyhud, S. (2016). Metode penelitian pendidikan (Edisi ke-5). Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.

Mahmudi, K., Austutik, S., & Yushardi. (2013). Program lesson study menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dalam pembelajaran fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1–2.

Nasrul, A. R. (2019). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama di Jember dalam menyelesaikan soal peluang pada pembelajaran berbasis lesson study learning community berdasarkan kecerdasan emosional (Skripsi). Universitas Jember.

Nurfiani, M. (2018). Analisis miskonsepsi siswa berdasarkan certainty of response index (CRI) dalam menyelesaikan soal matematika berpikir tingkat tinggi (Skripsi). Universitas Jember.

OECD. (2016). Programme for International Student Assessment (PISA) results from PISA 2015. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

Pratiwi, S. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran PBL untuk meningkatkan higher order thinking skills (Skripsi). Universitas Lampung.

Ramadhan, G., Dwijananti, P., & Wahyuni, S. (2018). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) menggunakan instrumen two-tier multiple choice pada materi konsep dan fenomena kuantum siswa SMA di Kabupaten Cilacap. Unnes Physics Education Journal, 7(3), 86–90.

Ratnasari, D., Sukarmin, & Suparmi. (2017). Analisis implementasi instrumen two-tier multiple choice untuk mengukur keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 167–179.

Rini, M. S. (2017). Analisis tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA 5 MAN 2 Jember dalam memecahkan soal PISA dan bentuk scaffolding yang diberikan (Skripsi). Universitas Jember.

Rukayah, Poerwanti, J. I., & Lukitasari, H. (2018). Penyusunan two tier multiple choice test untuk mengukur higher order thinking skill (HOTS) di sekolah dasar. UNS Press.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). TSmart.

Saputra, H. (2016). Pengembangan mutu pendidikan menuju era global: Penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Smile Publishing.

Shidiq, S. A., Masykuri, M., & Susanti, E. (2015). Analisis higher order thinking skills (HOTS) menggunakan instrumen two-tier multiple choice pada materi kelarutan untuk siswa kelas XI SMA N 1 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains V, 159–166.

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran abad 21 di SD: Menyongsong transformasi pendidikan abad 21. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.

Sutjipto. (2016). The importance of training curriculum 2013 for teachers: Pentingnya pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 235–260.

Umam, H. (2018). Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam menyelesaikan pewarnaan titik r-dinamis ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif dan penerapan discovery based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Skripsi). Universitas Jember.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301.

Usmaedi. (2017). Menggagas pembelajaran HOTS pada anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1–3.

Wardany, K. (2018). Kelayakan instrumen pengembangan penilaian higher order thinking skills siswa SMA pada materi ekosistem. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 21–31.

Wulandari, R. A., Yamtinah, S., & Saputro, S. (2015). Instrumen two tier test aspek pengetahuan untuk mengukur keterampilan proses sains pada pembelajaran kimia untuk siswa SMA/MA kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 147–155.

Published

2020-06-23

Issue

Section

Original research

How to Cite

ANALYSIS OF THE FIFTH GRADE STUDENTS’ HIGHER ORDER THINKING SKILLS ON SCIENCE IN THE ECOSYSTEM THEME AT ELEMENTARY SCHOOLS. (2020). Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 313-322. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7866