THE EFFECT OF COOPERATIVE SCRIPT LEARNING MODEL ON STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES AT GRADE V OF SDN 060938 MEDAN JOHOR

Authors

  • Emelia Sukses Br Ginting Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, Indonesia Author
  • Anton Sitepu Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, Indonesia Author
  • Dewi Anzelina Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, Indonesia Author
  • Darinda Sofia Tanjung Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8459

Keywords:

cooperative script learning model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada tema “Peristiwa Dalam Kehidupan” untuk kelas V di SDN 060938 Medan Johor pada Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 060939 Medan Johor pada tahun ajaran yang sama. Sampel terdiri dari 30 siswa yang dipilih melalui teknik boring sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan model Cooperative Script dikategorikan sangat baik, dengan skor rata-rata 83,86. Uji normalitas menunjukkan bahwa skor signifikansi hasil belajar adalah Lhitung > Ltabel, yang berarti 0,200 > 0,05, yang menunjukkan bahwa data terdistribusi normal. Uji korelasi menunjukkan nilai koefisien rhitung ≥ rtabel, atau 0,648 ≥ 0,349, yang menunjukkan pengaruh kuat model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada tema “Peristiwa Dalam Kehidupan” di kelas V SDN 060938 Medan Johor. Selanjutnya, hasil uji-t menunjukkan 4,498 > 1,697, sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada tema “Peristiwa Dalam Kehidupan” di kelas V SDN 060938 Medan Johor Tahun Ajaran 2020/2021.

References

Arisohimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum 2013 (2016th ed.). Jakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (5th ed.). Medan: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Model Pembelajaran (A. Jay, Ed.; 4th ed.). Jakarta: Kata Pena.

Rusman. (2019). Pembelajaran Tematik Terpadu (2nd ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019a). Analisis pelaksanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan Multiple Intelligences berbasis budaya Batak Angkola untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 7(4), 302–304.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019b). Implementation of Multiple Intelligences approach based on Batak Angkola culture in learning thematic for class IV SD Negeri 100620 Pargarutan Julu South Tapanuli District. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 547–551. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.538

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi (5th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (4th ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

Tanjung, D. (2016). Meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas V SDN 200111 Padang Sidempuan.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (4th ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published

2021-10-28

Issue

Section

Original research

How to Cite

THE EFFECT OF COOPERATIVE SCRIPT LEARNING MODEL ON STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES AT GRADE V OF SDN 060938 MEDAN JOHOR . (2021). Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1191-1198. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8459