PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SBdP MATERI KERAJINAN IKAT CELUP DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8928Keywords:
Project-Based Learning (PjBL) ModelAbstract
The Project Based Learning (PjBL) learning model is a student-centred learning model. In this model, students are given a real project to work on. The PjBL model can be applied to the learning subject that has material about daily life, one of them is Art, Culture, and Craft (SBdP) learning subject. The purpose of the study described in this article is to find out how the implementation of the PjBL model in SBdP learning, one of them is derived from Tie-Dye Handicraft learning material. Tie-Dye Handicraft is a craft that produces motifs on
the surface of the clothes. It is applied to see the result of this study whether the PjBL model is effectively applied in learning the material or not. This research was conducted by using qualitative research, library research or literature research. The data were obtained from the research that has already existed on the internet. The results indicated that the implementation of the PjBL model for SBdP learning subject provided positive benefits for students and teachers. In other words, PjBL model could optimize SBdP learning subjects in elementary schools which was especially based on Tie Dye Handicraft learning material.
References
Aini, N., Kusumawardani, H., & Hadijah, I. (2019). Pelatihan keterampilan produktif pembuatan tie dye (ikat celup) bagi ibu-ibu PKK RW XI Kelurahan Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kotamadya Malang. Jurnal Karinov, 2(2), 127–133.
Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis pembelajaran daring membuat seni kolase menggunakan model project based learning pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185–191.
Anggara, Y. (2019). Efektivitas penggunaan buku saku pengolahan limbah plastik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 11(2), 231–240.
Aprilia, D., & Hendrawan, A. (2020). Pemanfaatan daun ketapang (Ficus lyrata) sebagai pewarna alam dengan teknik ikat celup pada produk fashion. E-Proceedings of Art & Design, 7(2).
Desyandri, & Maulani, P. (2019). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar seni musik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(3).
Diba, F., & Wahyuningsih, U. (2021). Studi literatur: Pelatihan ikat celup sebagai upaya pemberdayaan masyarakat terhadap penggunaan pewarna alam, 10(1), 127–136.
Ebid, & Atmojo, W. T. (2020). Pewarnaan kain ikat celup menggunakan bahan alami daun jambu. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(2).
Emridawati, Munaf, Y., & Salsabila, U. (2020). Pelatihan kerajinan ikat celup pada sanggar “Durian Sabatang” Nagari Kamang Mudik Kabupaten Agam Sumatera Barat. Rangkiang: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 53–59.
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, & Nafia’ah. (2020). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408–415.
Fisnani, Y., & Uz, L. M. Z. (2020). Penerapan metode project based learning pada muatan lokal batik untuk meningkatkan kreativitas siswa. Edukasi, 14(2), 151–158.
Fujiawati, F. S., Permana, R., & Mustika, G. (2020). Pembelajaran seni budaya dengan model project based learning (PjBL) melalui lesson study. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 5(1), 41–55.
Handayani, A. S., Sudaryanto, & Dian, D. (2021). Penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas karya seni pada siswa kelas II SDN 2 Sungapan, 1293–1303.
Hartono, D. P., & Aisyah, S. (2018). PjBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa: Sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran PjBL dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11.
Lagandesa, Y. R. (2020). Integrasi gerakan olahraga pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) di sekolah dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 8(1).
Mahardika, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2017). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 15–25.
Melfianora. (2019). Penulisan karya tulis ilmiah dengan studi literatur, 1–3.
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar (studi literatur), 4, 1526–1539.
Sandi, N. V. (2018). Penerapan model project based learning melalui pembelajaran drama dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 3(1), 14–30.
Sari, M. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Sarip, A. M., Syarif, E. B., & Setiawan, A. F. (2022). Pemanfaatan teknik ikat celup pada kain untuk product homewear. E-Proceeding of Art & Design, 9(1), 13–17.
Sarly, S. M., & Pebriana, P. H. (2020). Penerapan model PAIKEM Gembrot untuk meningkatkan kreativitas karya kolase siswa pada mata pelajaran SBdP. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(2).
Setiawan, D., & Wahyuningtyas, S. (2019). Penerapan model PjBL (project based learning) pada mata pelajaran SBdP materi kerajinan tangan dari tulang daun siswa kelas IV SDN Jepang 05 Kudus: Application of PjBL model toward SBdP subject. 9(2), 124–134.
Siskowati, E., & Prastowo, A. (2022). Pembentukan kreativitas melalui pembelajaran SBdP kelas III pada materi menggambar di sekolah dasar. Jurnal Pedagogos: Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 42–47.
Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman model pembelajaran sebagai kesiapan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner, 7(1), 76–81.
Sudibjo, N., Sari, N. J., & Lukas, S. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis projek untuk menumbuhkan perilaku kreatif, minat belajar, dan kerja sama. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.736
Wayba, Alberth, & Ili, L. (2018). Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar SBdP materi membuat karya kolase siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Wolasi. Jurnal Pembelajaran Seni & Budaya, 3(2).
Wirawan, A. (2021). Penerapan pembelajaran PjBL untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar SBdP di kelas VI SD.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Licence
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.