PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP MATERI TEKS NONFIKSI
DOI:
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8915Keywords:
Interactive Multimedia, ndroid and Local Wisdom, Non-Fiction Text MateriaAbstract
The background of the research in this article is derived from the author's desire to design an Android and local wisdom-based learning media that is easily accessible anytime and anywhere so that it is expected for students to attract their interest in learning about nonfiction text material. The purpose of the research was to determine the effect of using Android and local wisdom-based interactive multimedia on non-fiction text material. This research was conducted at SDN 1 Bendo Tulungagung and SDN Laboratory of Universitas Nusantara PGRI Kediri. The type of research was quantitative with experimental research methods. The conclusion could be seen from the statistical calculations of SDN 1 Bendo Tulungagung. It was obtained that the Pearson correlation value > rtable value was 0.580 > 0.433. Accordingly, the data from SDN 1 Bendo was valid. Meanwhile, from SDN Laboratory of Universitas Nusantara PGRI Kediri, it was obtained that the Pearson correlation value < rtable value was the Pearson correlation value < rtable value, it could be written as 0.489 < 0.576. Thus, it could be concluded that there was an effect of using Android and local wisdom-based interactive multimedia on non-fiction text material.
References
Aisyah, N., Widiyanto, B., & Fatkhurrohman, M. A. (2018). Efektivitas penggunaan alat peraga sistem peredaran darah terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N 12 Kota Tegal. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 2(1).
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai wujud inovasi sumber belajar di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Damariswara, R., & Saidah, K. (2021). Kepraktisan aplikasi Android materi dongeng kelas 3 SD berbasis kearifan lokal dan permainan bahasa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 197–207.
Damariswara, R., & Saidah, K. (2020). Pengembangan permainan bahasa berorientasikan kearifan lokal Jawa Timur di sekolah dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(1), 137–147.
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221–225.
Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan media video animasi materi sifat-sifat cahaya untuk siswa kelas IV sekolah dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28.
Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, 1(2).
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18.
Pohan, A. B., & Jaelani, N. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif pelajaran matematika mengenal bangun ruang dengan metode inkuiri untuk siswa tingkat dasar. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 6(1).
Qadar, R. (2017). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash CS6 Professional pada pembelajaran kesetimbangan kimia. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 2(2).
Qosyim, A., & Proyonggo, F. V. (2017). Penerapan media pembelajaran interaktif menggunakan Flash untuk materi sistem gerak pada manusia kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2).
Rusmiati, R. (2017). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1(1), 21–36.
Saidah, K., & Damariswara, R. (2021). Development of interactive folklore based on Android oriented to local wisdom to improve reading comprehension of elementary school students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Silmi, M. Q., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Sparkol Videoscribe tentang persiapan kemerdekaan RI SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4).
Soimah, I. (2018). Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1).
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 2(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Winda, N. (2016). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1).
Yuzarion, Y. (2017). Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(1), 107–117.
Zulhelmi, A., & Mahidin. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Licence
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.