THE EFFECT OF IMPLEMENTATION OF PANCASILA STUDENTS’ PROFILESTRENGTHENING PROJECT IN SHAPING ENVIRONMENTAL CAREATTITUDES FOR ELEMENTARY STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v12i3.9802Keywords:
Pancasila students’ profile strengthening project, environmental care attitude, elementary studentsAbstract
Sikap peduli lingkungan merupakan suatu tindakan pencegahan terhadap kerusakan lingkungan serta upaya dalam memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa kelas IV SD se Kecamatan Benda. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data sikap peduli lingkungan menggunakan angket. Data diolah dengan menggunakan uji paired T-Test setelah dipastikan data normal dan homogen. Hasil uji uji paired TTest diperoleh hasil t = 2,505 dengan pvalue= 0,023. Dengan demikian, disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap sikap peduli lingkungan dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Pada artikel ini, terdapat peningkatan oleh siswa dalam pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan. Adanya projek pembelajaran penguatan profil pelajar pancasila, guru dapat menjadikan pembelajaran ini sebagai alternatif yang dapat diterapkan pada pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan sikap kepedulian lingkungan siswa.
References
Akhwani., Rulyansah, A., & Rahayu, D. W. (2023). Penyusunan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 4(3), 911–920. https://doi.org/10.47679/ib.2023500
Alghamdi, A. K. H., & Al-Ghamdi, N. A. (2021). Elementary teachers’ thoughts about distance education and learning 21st-century skills during covid pandemic. International Journal of Learning, Teaching and Educational…
Annisa, F., Karmelia, M., & Maulia, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Inovatif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa. Journal on Education, 5(4), 13748–13757.
Arofah, S., & Pujilestari, Y. (2020). Hubungan Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang, 1(1), 98.
Daryanto & Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gave Media.
Febriana, N. (2022). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Menggunakan Game Werewolf Untuk Meningkatkan Self Disclosure Siswa MTS Faqihul Ilmi Makassar. Skripsi Universitas Negeri Makassar.
Irawati, D., Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 257–263.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Makrifah, A. N., Harsiatib, T., & Mashfufah, A. (2023). Penerapan Assessment For Learning Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Kelas 1 SD. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 369–378. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.380
Maulida, U. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.453
Nasution, R. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Lingkungan SMA Kelas X di Samboja Dalam Pembelajaran Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 352–358.
Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Redug. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266
Nirmalasari, R., dkk. (2021). Pemanfaatan Limbah Sampah Plastik Menggunakan Metode Ecobrick di Desa Luwuk Kanan. Jurnal Solma, 10(3), 469–477. https://doi.org/10.22236/solma.v10i3.7905
Ramadhan, W. (2022). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengelolaan Sampah Pada Pembelajaran IPS Terpadu. Skripsi IAIN Ponorogo.
Roihanah, S., dkk. (2022). Proyek “Merawat Daur Biogeokimia Bumi” Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 86–99. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i3.24009
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basic Edu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Sajidan., Atmojo, I., Saputri, D., & Ardiansyah, R. (2022). Keefektifan Model Pembelajaran Outdoor Learning Melalui Wisata Edutainment Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 6(2), 176–182.
Septiani, B., dkk. (2019). Pengelolaan Sampah Plastik di Salatiga: Praktik dan Tantangan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17(1), 90–99. doi:10.14710/jil.17.1.90-99
Lase, F., dkk. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Cerdas. Makassar: Nas Media Pustaka.
Lestari, L., dkk. (2020). Pengelolaan Metode 4R dan Bank Sampah Untuk Menjadikan Lingkungan Bersih, Sehat, dan Ekonomis. Among: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 687–706.
Lubaba, M., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. EduSaintek, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576
Widyaningrum, R. (2016). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Melalui Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 11(1), 108–115.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bagas Priatmojo, Muhammad Abiyyu Maulana, Yurniwati, Yofita Sar (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Licence
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.