PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8302Keywords:
PBL, hasil belajar, pembelajaran tematik terpaduAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model PBL pada pembelajaran tematik terpadu. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitianya adalah PTK. Penelitian dilakukan di SDN 52 Parupuk Tabing kota Padang. Teknik yang digunakan adalah observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I dengan persentase 90,62% meningkat pada siklus II menjadi 96,87%. Aspek guru siklus I dengan persentase 71,42% meningkat pada siklus II menjadi 96,42%. Aspek peserta didik siklus I dengan persentase 75% meningkat pada siklus II menjadi 92,85%. Pada aspek sikap siklus I terdapat 8 orang dan siklus II terdapat 8 orang peserta didik mempunyai sikap menonjol. Aspek pengetahuan siklus I dengan rata-rata 65,14 meningkat pada siklus II dengan rata- rata 88,25. Aspek keterampilan pada siklus I dengan ratarata 65,14 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,25. Hal ini membuktikan model PBL dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
References
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fathurrohman, Muhammad. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniawan, Deni. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Masnur, Muslich. (2012). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Reinita. (2018). Pengaruh Model PBL terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 1. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pd
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
—. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Press.
Sani, Ridwan Abdullah. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Siddiq & Reinita. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Tipe Course Review Horay pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Susanto. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Widyastono, Herry. (2015). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Licence
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.