PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB MUATAN IPA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yeni Eliza Ferawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang, Indonesia Author
  • Murjainah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang, Indonesia Author
  • Sylvia Lara Syaflin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.33578/10.33578/jpfkip.v11i6.9241

Keywords:

multimedia, web, natural science learning subject, elementary school

Abstract

This article describes a product in the form of web-based multimedia in natural science learning subjects for fifth-grade elementary school students. The research method used is research and development with the Hannafin and Peck model, which consists of three stages; 1) the need for assessment, 2) the design, and 3) the development and implementation stage. The research subjects involved fifth-grade students at SDN 35 Palembang. Data collection techniques used were unstructured interviews, questionnaires, tests, and documentation. Data analysis was the validity analysis, practicality, and potential effects. The study indicated applying web-based multimedia was valid with a score of 89.2% in the "very valid" category. Based on the one-to-one trial practicality of students’ responses, it was obtained a score of 88% in the "very practical" category, and based on the small group trial, it was obtained a score of 85.1% in the "very practical" category. Furthermore, the developed web-based multimedia has a potential effect. It is proven from the average students’ learning outcomes that achieved the KKM determined by the school was 70. Thus, the development of web-based multimedia in natural science learning subjects in elementary schools was valid, practical, and provided potential effects.

References

Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Fisika Abad 21, 1(2), 59–70.

Ariyani, N. K. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Siklus Air. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 264–270.

A’yun, N. Q., & Rahmawati, I. (2018). Pengembangan Media Interaktif Si Pintar Berbasis Aplikasi Android Materi KPK Dan FPB Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 6(2), 48–60. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Ayurachmawati, P., Syaflin, S. L., & Prasrihamni, M. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Muatan Materi IPA di SD. Jurnal Cakrawala Pedas, 8(3), 942–956.

Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufik, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V di SD Al Islah Surabaya. Jurnal Pendidikan, 1(2), 172–180. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Busana, J. T. (2021). Green fashion Identik Dengan Paperless. Jurnal Fashion, 10(3), 47–56. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Deliany, N. H. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 17(2), 92–100. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Destya, A. (2014). Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 195–200.

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(5), 37–99. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Egok, A. S., & Hajani, T. J. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran IPA Bagi Siswa Sekolah Dasar Kota Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan, 1(2), 155–200. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Elu, A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pendeteksian Vulnerability Structured Query Language (SQL) Injection Untuk Keamanan Website. Jurnal Teknik, 8(22), 113–120. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Ernawati, L., & Sumardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran administrasi server. Jurnal Pendidikan Teknologi, 2(2), 207–215. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Faranziah, E. (2018). Respon Pengguna Terhadap Desain Antarmuka Website SPMB Universitas Trisakti. (Skripsi/Tesis tidak dicantumkan). Universitas Trisakti.

Ghufron, M. A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tanatangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Dalam Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (hlm. 218–234).

Haswan, F. (2017). Aplikasi Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Informatika, 3(1), 33–44. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Ibrahim, A. (2018). Sistem Informasi pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada PDAM Kota Ternate. Jurnal Informatika, 3(1), 12–20. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasisi web Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa kelas VII. Jurnal Pendidikan, 3(2), 166–182. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Lelilita, L. N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis HTML Materi Perpindahan Kalor Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 434–450. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Meihan, A. M. (2020). Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Mobile Sedang Berjalan. Jurnal Sejarah, 23(1), 9–15. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Miranti, M. G. (2021). Utilization Development of Glide "Daily Nutrition' Application Based on Android. Jurnal Kesehatan, (106). (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal, volume, dan nomor tidak lengkap).

Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Sudagar, F., Pratama, R., & Wahyuni, S. (2019). A Sequential Explanatory investigation of TPACK: Indonesia science teachers; survey and perspective. Jurnal Pendidikan Sains, 9(3), 269–281. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Murjainah, Kuswidyanarko, A., Imansyah, F., Ananda, M., Pratiwi, A., Rozikin, F., & Nurhasanah, P. (2022). Dasar-Dasar Pembelajaran Digital. CV. Azka Pustaka.

Naciri, A. B. (2020). Mobile Learning In Higher Education: Unavoidable Alternative During COVID-19. Jurnal Pendidikan Tinggi, 4(1). (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum dan halaman tidak ada).

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2020). Pengembangan Multimedia Moodle pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Web Bagi Siswa IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 49–60. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Pendro, D. (2018). A Critical Review Of Mobile Learning Integration In Formal Educational Contexts. Jurnal Pendidikan, 15(10), 1–20. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Rahardjo, T. D. (2019). Mobile Learning Berbasis Android Aksara Jawa Kelas X SMK Negeri 5 malang. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 196–197. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Riyanto, G. P. (2021, Februari 23). Jumlah Penggunaan Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.com. Diakses pada Januari 2022, dari https://amp.kompas.com/tekno/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-jut. (Catatan: tanggal akses "Januari Jum'at, 2022" disederhanakan).

Saifudin, M. F., Susilaningsih, & Wedi, A. (2020a). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi Untuk Memudahkan Belajar Siswa SD JKTP. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 69–75. (Diberi label 'a' karena ada entri yang sangat mirip).

Saifudin, M. F., Susilaningsih, & Wedi, A. (2020b). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi Untuk Memudahkan Belajar Siswa SD JKTP. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 69–80. (Diberi label 'b' karena ada entri yang sangat mirip dengan perbedaan di halaman akhir).

Sam, N. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 46 Makassar. Jurnal Pendidikan IPS, 1(3), 140–150. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Satria, T. G. (2020). Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa Sd Di Kota Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 1–20. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Septian, D. F. (2021). Implementasi MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Dalam pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab Safinah Sunda. Jurnal Teknik Informatika, 15(1), 16–40. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Subarisman, S. (2018). Pembuatan website Kumpulan Berita Hoax Untuk Menjaga Kualitas Pesan Pada Ruang Publik. Jurnal Komunikasi, 14(2), 69–90. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Sulistianingsih, E., & Mukminan. (2019). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Multimedia Pada Materi Litosfer Dannya Efektifitas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa Motivasi dan Hasil. Jurnal Pendidikan Geografi, 4(1), 21–40. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Sunarni. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui metode Kelompok Sindikat (Syndicat Group) di kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 69–80. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Syuhardi, Y. I. (2019). Pengaruh Desain Program dan Pemrograman Web Terhadap pembuatan E-learning pada Siswa SMK. Jurnal Vokasi, 5(3), 73–90. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Yatini, Y. (2018). Pengaruh Metodologi Insersi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas 5 SD Al Azhar Syifa Budi Cibinong. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 75–90. (Diasumsikan ini adalah artikel jurnal, meskipun nama jurnal tidak tercantum).

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media Group.

Published

2022-12-15

Issue

Section

Original research

How to Cite

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB MUATAN IPA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. (2022). Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1645-1658. https://doi.org/10.33578/10.33578/jpfkip.v11i6.9241