Implementation of Literacy Culture in Shaping the Character of Grade 3 Elementary School Students
Abstract
Abstrak: Proses pendidikan tidak pernah lepas dari kegiatan membaca, dengan membaca Ilmu dan Informasi yang didapat akan menuntun manusia kepada kebaikan, dengan banyak membaca seseorang akan lebih mudah dalam memecahkan masalah dalam kehidupannya, dengan itu seseorang akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya bahkan negaranya menjadi lebih baik lagi. Tujuan penelitian untuk mengetahui budaya literasi dalam membentuk karakter siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif.tempat penelitian di laksanakan di SDN 17 Pekanbaru. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi dan teknik analisis . Triangulasi sumber yang digunakan yaitu terkait kepada tiga guru, tiga siswa serta dokumen-dokumen. menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh budaya literasi di Sekolah Dasar Negeri 17 Pekanbaru sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan budaya literasi dilaksanakan oleh seluruh tingkatan kelas yaitu dari kelas 1-6. Kegiatan literasi dilaksanakan diperpustakaan dan dipojok baca. Ada beberapa kegiatan di perpustakaan yang sudah berjalan dan dapat menumbuhkan minat membaca dan menulis siswa, membuat mading, kerja kelompok, membaca cepat, membaca dongeng. Literasi didalam kelas sebelum siswa memulai pembelajaran siswa diminta untuk membaca buku bacaan selama 15-20 menit. karakter yang dibentuk di sekolah melalui budaya literasi antara lain: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N. (2021). Budaya Literasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Taman Baca Madani Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Ahmad, M. J., Adrian, H., & Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal pendais, vol 3 (1), Hal 1-24.
Asdar, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Budaya Lokal Di SDN 319 Lokajaha. Skripsi. Fakultas Kegururan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Erniyanti. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dan Pendidikan Karakter Ditinjau Dari Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 5 (2), Hal 112-122.
Handayani, T. U. (2020). Penguatan Budaya Literasi Sebagai Upaya Pembentukan Karakter. Jurnal Literasi, Vol 4 (1), Hal 67-69.
Hanin, N. H. (2019). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SDN Madyopuro 2 Malang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Harahap, A. C. P. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol 9 (1), Hal 1-11.
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, Vol 3 (2), Hal 1-6.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), Hal 138-151.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Literasi Budaya dan Kewargaan. Gerakan Literasi Nasional, 8 (9), 1-58.
Mursalim. (2017). Penumbuhan Budaya Literasi Dengan Penerapan Ilmu Keterampilan Berbahasa (Membaca dan Menulis). Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics (CaLLs), Vol 3 (1), Hal 31-38.
Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, Vol 1 (1), Hal 113-128.
Rohim, D. Y., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol 6 (3), Hal 1-7.
Rosyad, Ali Miftakhu. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, Vol 5 (02), Hal 173-190.
Santika, L., Toharudin, M., Mu’amar. (2022). Implementasi Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidika, Vol 8 (18), Hal 251-261.
Saraswati, A. P. (2019). Strategi membangun budaya Memembaca siswa melalui gerakan literasi nasional. Skripsi. Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya.
Suyono., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Vol 26 (2), Hal 116-123.
Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Jurnal Cross-border, Vol 5 (1), Hal 782-791.
Tantri, A. A. S., & Dewantara, I. P. M. (2017). Keefektifan Budaya Literasi Di SDN 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, Vol 1 (4), Hal 204-209.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol 1 (1), Hal 325-343.
Yunengsih, S., & Syahrilfuddin. (2020). The Analysis Of Giving Rewards By The Teacher In Learning Mathematics Grade 5 Students Of SD Negeri 184 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), Vol 4 (4), Hal 715- 723. Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino. (2021). Pengelolaan LKP Pada Masa Pendmik Covid-19. Jurnal Lifelog Learning, Vol 4 (1), Hal 15-22
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v12i4.9963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Meylanda Gustina Sari, Zaka Hadikusuma Ramadan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id