Analysis of the Teacher's Role in Overcoming Reading Difficulties of Grade I Students Elementary school
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang dilakukan survey langsung di lapangan bahwa pada siswa kelas I ditemui masalah dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) yaitu kesulitan dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan membaca pada siswa kelas dan mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas I SDN 001 Perhentian Luas. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini metode studi kasus kualitatif. Adapun sumber penelitian dalam penelitian yaitu terdiri dari 2 orang guru serta 8 orang siswa kelas 1 dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi dan teknik analisis data menggunakan model Miles And Hubermand yaitu pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh yaitu ada 8 orang siswa kelas I SDN 001 Perhentian Luas yang mengalami kesulitan dalam membaca. Jenis-jenis kesulitan yang dialami siswa yaitu kurangnya daya ingat, kesulitan mengeja, kesulitan melafalkan huruf, kesalahan penggantian huruf dan kurang mengenal huruf. Peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas I SDN 001 Perhentian Luas adalah sebagai pendidik dengan cara mengingatkan kembali, melatih, membantu maupun menolong dalam mengarahkan siswa dan membimbing siswa dalam proses pembelajaran. Sebagai motivator dengan cara memberikan motivasi kepada siswa untuk membuat siswa lebih percaya diri saat di kelas, sebagai fasilitator dengan cara menyediakan RPP dan media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk menarik perhatian siswa saat belajar, sebagai demonstrator dengan cara menguasai ilmu pengetahuan terlebih dahulu lalu menyampaikan dengan menggunakan metode pembelajaran seperti metode eja saat belajar membaca, dan terakhir sebagai evaluator dengan cara memberikan evaluasi dan tindak lanjut terhadap siswa saat usai pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Nurdini, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, Vol 4 (1), Hal 42-54.
Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, Vol 12 (2), Hal 117–134.
Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, Vol 3 (1), Hal 26–31.
Astutik, Tri. dkk. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi.
Brigette Lantaeda, S., Lengkong, F. D. J., & Ruru, J. M. (2015). Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan Rpjmd Kota Tomohon. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 4 (48), Hal 243.
Budianto, D. (2019). Analisis Kesalahan Tanda Baca dan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) Dalam Karangan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MI Alislam Kota Bengkulu. Skripsi Institut Agama Islam Negeri, Hal 1–79.
Gunawan, Imam. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 4 (2), Hal 355–360.
Hamonangan, R. H. (2020). Peningkatan Daya Ingat Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Dharmas Education Journal (DE_Journal), Vol 1(2), 201–208.
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, Vol 9 (1), Hal 1–8.
Ikawati, E. (2015). Upaya meningkatkan minat membaca pada anak usia dini. Jurnal Logaritma, Vol 1 (2), Hal 1.
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, Vol 21 (1), Hal 1–20.
Juhji Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. (2016). Guru, Mendidik, Mengajar, Nilai, Pembentukan Krpibadian, Panutan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 10 (1), Hal 52–62.
Kasiyun, S. (2015). Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. Jurnal Pena Indonesia (JPI), Vol 1 (1), Hal 79–95.
Khusnia, M., Kholidin, N., Pravitasari, D., Nurul, U., Sukara, H., & Timur, O. (2022). Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas Iii Di Sdn Pujo Rahayu). Finger : Journal of Elementary School, Vol 1 (1), Hal 32–44.
Kumara, A. (2014). Kesulitan Berbahasa Pada Anak. Yogyakarta : PT Kanisius.
Kurniasih, K., Supena, A., & Nurani, Y. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5 (2), Hal 2250–2258.
Kusuma Wardani, I. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas rendah. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar .Vol 2, Hal 286–289.
Maemunawati, Siti & Muhammad Alif. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran : Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten : 3M Media Karya.
Meo, Alwisia. Dkk. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD I Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan ( JCP ), Vol 1 (2), hal 277-287.
Moha, D. S. & M. I. (2015). Definisi Penelitian Kualitatif . Journal of Chemical Information and Modeling, Vol 53 (9), Hal 1689–1699.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Mataram : Sanabil.
Muhammad Sulistiono, dkk. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Rendah Bawah Di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujung Pangkah Gresik. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol 3 (1).
Mumtahanah, M. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 3(01), Hal 19–36.
Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 3 (2), Hal 111–127.
Muzakir, H. I. (2017). Peran Mukim Dalam Memperkuat Kearifan Lokal Di Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, Vol 2 (2), Hal 181–191.
Nofitasari, A., & Ernawati, N. (2015). Teori Dan Metode Pengajaran Pada Anak Dyslexia. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY. Hal 172–181.
Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, Vol 5 (2), Hal 143–164.
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, Vol 7 (1). Hal 1-7.
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia., Vol 26 (1), Hal 69–76.
Pridasari, F., & Anafiah, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Sdn Demangan Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, Vol 6 (2), Hal 838-844.
Sandra, D. (2016). Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas VII MTs Swasta Labibia Naswiani. Jurnal Humanika. Vol 1 (16). Hal 1-15.
Septiana Soleha, R., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, Vol 2 (1), Hal 58–62.
Sessiani, L. A. (2019). Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Taman Kanak - Kanak. Journal of Chemical Information and Modeling, Hal 53 (9), Hal 1689–1699.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol 1 (1), Hal 88–97.
Subakri, S. (2020). Peran Guru dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Guru, Vol 1 (2), Hal 63–75.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 2 (2), 103-114.
Udhiyanasari, K. Y. (2019). Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II Di SDN Manahan Surakarta. Jurnal PLB IKIP PGRI JEMBER. Vol 3 (1), Hal 39–50.
Utami, Y. S. (2013). Peran Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Alam Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Kranggan 2 Kota Mojokerto. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Yare, M. (2021). Peran Ganda Perempuan Pedagang Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Kelarga Di Kelurahan Karang Mulia Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Copi Susu, Vol 3 (2), Hal 1–12.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, Vol 4 (1), Hal 41–47.
Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, Vol 4 (1), Hal 15–22.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v12i4.9962
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Chintia Amanda, Zaka Hadikusuma Ramadan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id