ANALYSIS EARLY READING AND WRITING (MMP) ABILITY OF GRADE 1 STUDENTS AT SDN MLATEN 1
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, Ria. 2015. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak.” Pendidikan Guru PAUD 5:4.
Arini, Novanita Whindi, Arum Fatayan, Khavisa Pranata, and Amalia Bachrudin. 2022. “Efektifitas Metode Critical Thinking Dalam Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan ( MMP ).” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):4705–12. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2784.
Arum Fatayan, Viras Dwi Cahyani. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan (MMP) Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.” Jpdk : Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(1):132–38.
Astuti, Ayu Widi, Rizky Drupadi, and Ulwan Syafrudin. 2021. “Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 4(1):73–81.
Dalimunthe, E. A. N. 2021. “Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sd Swasta Muhammadiyah 2 Padangsidimpuan.” Dirasatul Ibtidaiyah 1(1):111–23.
Desak Putu Anom Janawati, Putu Benny Pradnyana. 2021. E-Book Interaktif: Meningkatkan Kemampuan Membaca-Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Nilacakra.
Desak Putu, Janawati, and Nengah Sueca. 2022. “Pendampingan Pembelajaran Membaca Dan Menulis.” SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(1):514–18.
Fauziah, Herisfani. 2018. “Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Mi.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4(2):173. doi: 10.32332/elementary.v4i2.1241.
Fauziah, Nurul. 2022. “Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Basicedu 6(2):1541–50. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2346.
Hijjayati, Zul, Muhammad Makki, and Itsna Oktaviyanti. 2022. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 Di SDN Sapit.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3b):1435–43. doi: 10.29303/jipp.v7i3b.774.
Muhyidin, Asep, Odin Rosidin, and Erwin Salpariansi. 2018. “Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4(1):30. doi: 10.30870/jpsd.v4i1.2464.
Mustika, Dea, Alchonity Harika Fitri, Azwar Ananda, Rusdinal Rusdinal, and Nurhizrah Gistituati. 2022. “Kajian Perbandingan Kebijakan Pendidikan Dasar Di Indonesia Dan Amerika Serika.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3):4356–62. doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2799.
Rahmawati, Magdalena Chori, Francine Avantie Samino, Murniati Agustian, Noviria Retno Revaria, and Teresa Gita Ernestya. 2021. “Pengembangan Buku Siswa Membaca Menulis Permulaan Berbasis Budaya Dengna Menggunakan Prosedur ADDIE Untuk Kelas 1 SD.” Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 14(2):133–43. doi: 10.33369/pgsd.14.2.133-143.
Ramadhan, Raihan Riza, and Wini Tarmini. 2022. “Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8(3):960–65. doi: 10.31949/educatio.v8i3.2971.
Reshi, Amelia, Novitri Ernaz, and Silvina Noviyanti. 2022. “Kajian Literatur Terhadap Keberhasilan Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(2):163–68.
Suastika, Nyoman Suastika. 2018. “Problematika Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 3(1):57. doi: 10.25078/aw.v3i1.905.
Sudiarta, I. Wayan. 2017. “Pengaruh Metode Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Bahasa Inggris Pada Anak Kelompok B TK Mahardika Denpasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha 1(3):240–51.
Widyaningrum, Heny Kusuma, and Cahyo Hasanudin. 2019. “Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) Di Sekolah Dasar.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 8(2):189–99. doi: 10.21070/pedagogia.v8i2.2219.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v12i4.9825
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aqidatul Izza TPP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id