DEVELOPMENT OF ENVIRONMENT ON CLEAN AND HEALTHY LIVING LEARNING-BASED TEACHING MATERIAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Rosda Karya.
Ariyani, Y. D., & Wangid, M. N. (2016). The Development of Integrated-Thematic Teaching Materials Based on Characters of Environmental Care and Responsibility. Jurnal Pendidikan Karakter, 116–129.
Dewi, T. M., & Meilina, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terintegrasi WEB pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 11, 1368–1378.
Ermanda, S., & Ariandani, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri 3 Jenggik Tahun Pelajaran 2017/2018. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 98–107. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.289
Fatmawati, H., Hendracipta, N., & Andriana, E. (2022). Pengembangan E-Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Tema Hidup Bersih dan Sehat pada Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Pharmacy and Pharmacology, 29(1), 355–357. https://doi.org/10.1111/j.2042-7158.1977.tb11334.x
Hamid, N., Roehrig, G., Setyowati, D. L., Rachmah, H., Royyani, M. A., & Mahat, H. (2021). Development Model for Environment-Based Learning to Improve Junior High School Students’ Geographical Skills. Review of International Geographical Education Online, 11(2), 461–481. https://doi.org/10.33403/rigeo.833857
Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas Jakarta, 1–13.
Indah, N., & Dafit, F. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai Karakter pada Pembelajaran Tema 2 Subtema 2 di Kelas V SDN 177 Pekanbaru. 11, 1853–1866.
Istiani, R. M., & Retnoningsih, A. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post To Post Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Journal of Biology Education, 4(1), 70–80.
Kapitan, J, Y., Harsianti, T., & Basuki, Agus, I. (2019). Instrumen Asesmen Autentik Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi. Hasta Wiyata, 2(2), 69–80. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.06
Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Marlina, R., Hardigaluh, B., & Yokhebed, M. (2015). Pengembangan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Potensi Lokal Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 94. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.569
Mubarak, S., Ansharullah, A., & Indira Dewi, H. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Melalui Problem Based Learning. Instruksional, 3(1), 57. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.57-65
Musarofah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Video Animasi Bermuatan Ayat Al-Qur’an dengan Output Youtube. Skripsi, 102.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. 1(1), 24–44.
Salam, A., Miriam, S., Arifuddin, M., & Ihsan, I. N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Bantaran Sungai Barito Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah, 1(610), 648–688.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Invinity Cube Materi Perpindahan Kalor untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri II Pasindangan. 11, 1081–1092.
Suparman, M. . (2014). Desain Struktur Modern Panduan para Pengajar dan Inovator Pendidikan. PT Glora Aksara Pratama.
Wonda, H., Kota, M. K., & Arianti, C. D. (2022). Pengambangan Buku Digital sebagai Media untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. 11(December), 1751–1762.
Zein, M. (2005). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. 274–285.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v12i1.9590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sepita Ferazona, Suryanti Suryanti, Nilam Cahaya, Melqi Okta Kisti, Leni Maryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id