PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELAKSANAAN KKG (KELOMPOK KERJA GURU) DI SMP NEGERI 6 DUMAI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi guru di SMP Negeri 6 Dumai. Untuk itu perlu dilakukan suatu tindakan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu melalui Pelaksanaan KKG (Kelompok Kerja Guru). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam di SMP Negeri 6 Dumai melalui Kelompok Kerja Guru. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang bertujuan untuk mengetahui keberhasilan tentang peningkatan kompetensi guru dalam mengajar melalui pelaksanaan KKG (Kelompok Kerja Guru) di SMP Negeri 4 Dumai. Hasil penelitian pada aspek pelaksanaan KKG yang dibawakan oleh tutor diketahui bahwa dari siklus I meningkat pada siklus II. Jika pada siklus I mendapatkan skor sebesar 75% maka pada siklus II sudah lebih baik dengan mendapatkan perolehan skor sebesar 95%. Pada aspek kepeserta didikan didapatkan pada siklus I sebesar 58% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II meningkat menjadi 70% dengan kategori baik. Pada aspek evaluasi yang diberikan oleh tutor diketahui bahwa pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 60% atau dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 76% atau dengan kategori baik. Dari uraian pengolahan data dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa kompetensi guru dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan KKG di SMP Negeri 6 Dumai.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta
Hasibuan, Botung. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Hendriyanto. (2021). Paradigma Baru Pembelajaran Sekolah Dasar di Era Digital. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/paradigma-baru-pembelajaran-sekolah-dasar-di-era-digital#
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai
Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres
Musfah, Jejen, (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mulloh, Tamim., & Muslim, Qodir., Abd. (2022). Analisis Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Journal Publicuho. 5(3). 763-775. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.29
Mulyasa E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : Rosda
Mulyasa. (2015). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful. (2013). Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. (2006). Metode Statistik. Jakarta : Rineka Cipta.
Sukirman. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review. 4(1). 206-212. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4385
Sumadji. (2013). Revitalisasi KKG upaya meningkatkan mutu pendidikan. http://pendidikan.probolinggokab.go.id
Suyanto, & Djihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Esensi Erlangga Group
Thowaf, Indah Pinakesti. (2018). Penggunaan Aplikasi Whatsapp Dan Google Meet Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Banarankulon. Lomba Nasional PTK Jenjang SD. ISBN : 978-623-9753-0-7. 218-226
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiqxdW4nfL7AhUCmeYKHbE2BY0QFnoECAkQAw&url=https%3A%2F%2Fpusdiklat.perpusnas.go.id%2Fregulasi%2Fdownload%2F6&usg=AOvVaw2xING8bBXg3XKLajlQo0YC
Uno. Hamzah B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Bandung: Bumi Aksaara
Syofiarni. (2006). Hubungan Pelaksanaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Padang Panjang Barat. Jurnal Guru, 2(1), 23-25.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Leni Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id