CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD N 2 BARENGLOR KECAMATAN KLATEN UTARA
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang terjadi di sekolah dasar dikarenakan proses penyampaian pembelajaran yang dilakukan guru monoton, hanya menggunakan metode ceramah. Guru memilih menggunakan metode ceramah karena metode ini dianggap mudah Tujuan dari penelitian untuk mengetahui model pembelajaran contextual teaching learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data. tes dan non-tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 4 Barenglor Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah keseluruhan 28 siswa. Hasil belajar siswa Kelas IV SD N 2 Barenglor mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata kelas prasiklus yang semula sebesar 65,4 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 74,3 dan pada akhir siklus II meningkat lagi menjadi 78,7. Persentase ketuntasan belajar siswa pada prasiklus sebesar 25%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 60,71%, dan pada akhir siklus II meningkat lagi menjadi 78,57%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hardianto, G., Erlamsyah, E., & Nurfahanah, N. (2016). Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, 3(1), 22. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling. https://doi.org/10.24036/020143129 78-0-00
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta. Ghalia Indonesia
Loviana, Selvi., Nurhanurawati, M. Coesamin. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Script terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 251
Mahmudi, M. H., & Suroso, S.(2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3 i02.382
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika. Journal On Teacher Education (JOTE), 1(2), 26–32.
Noor, Aisjah Juliani & Norlaila. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (4),10
Octavia, A. Shillphy., (2020). Model- Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Belajar
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suwartini, S., & Ferryka, P.Z. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tema CitaCitaku Berbasis Constektual Teaching Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 1 Gergunung. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(5),1188-1195. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7851.
Salamiah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menyimak Cerita Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1 (1): 1- 10
Tanjung, D. (2016). meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time gemes tournament (TGT) di kelas V SDN 200111 Padang sidempuan. IV
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Putri Zudhah Ferryka, Isna Rahmawati, Tukiyo - -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id