PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 2 DI KELAS V SDN 177 PEKANBARU

Nursa Indah, Febrina Dafit

Abstract


E-modul sangat dibutuhkan pada sebuah pengembangan untuk siswa lebih memahami atas pemberian bahan ajar oleh guru. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan e-modul berbasis nilai karakter serta mengetahui validitas e-modul berbasis nilai karakter. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang dibatasi sampai tahap development. Validator penelitian ini adalah 2 orang pada aspek materi, 2 orang aspek desain dan 2 orang aspek bahasa. Metode pengumpulan data pada penelitian dengan cara wawancara, angket dan dokumentasi. Proses pengembangan e-modul berbasis nilai karakter diawali tahap analisis kebutuhan, kurikulum dan materi, perancangan produk, dan proses validitas kepada validator. Berdasarkan hasil validasi maka e-modul berbasis nilai karakter pada pembelajaran tema 2 sub tema 2 kelas V di SDN 177 Pekanbaru telah memenuhi kriteria dari segi aspek desain 88%, aspek materi 94% dan aspek bahasa 92% dan rerata nilai validitas keseluruhan 91% serta sangat valid digunakan. Saran penelitian diperlukannya penerapan E-modul agar mengetahui efektif serta praktis dalam penggunaan saat pembelajaran.

 

 


Keywords


Penelitian Pengembangan, E-modul, Pendidikan Karakter

References


Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243

Astuti, S., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Peningkatan kemampuan guru sekolah dasar dalam penyusunan instrumen ranah sikap melalui in house training. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 37–47. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p37-47

Dafit, F., & Mustika, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4889–4903. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1565

Denay, R. S. S., & Delawanti, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Toleransi dan Gotong Royong di Kelas IV SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 371–380.

Erni, E., Rohana, R., & Fakhrudin, A. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pmri Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Kelas IV SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 112–116. https://doi.org/10.26858/jkp.v6i1.26798

Fadhillah, F., & Andromeda, A. (2020). Validitas Dan Praktikalitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA/MA. JEP| Volume 4 Nomor 1 Mei 2020, 4(2), 179–188. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/516

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta, 2(1).

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25–29. http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Husna, A., & Himmi, N. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Kuliah Analisis Vektor Di UNRIKA. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 12–21. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1270

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840

Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 15–32. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1375

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara, 2(2), 311–326.

Mahayani, S., Irwandani, I., Yuberti, Y., & Widayanti, W. (2018). Kotak Pop-Up Berbasis Problem Solving: Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Cahaya Dan Alat-Alat Optik Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(2), 98–108. http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25847

Misrawati, M., & Suryana, D. (2022). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306.

Nila, W. T., & Mustika, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 411–422. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4129

Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52

Oksa, S., & Soenarto, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek Untuk Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 99–111.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Puspitoningrum, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Cerita Anak Untuk Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(1). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/151

Putra, G. T. S., Kesiman, M. W. A., & Darmawiguna, I. G. M. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Dreamweaver Model Tutorial Pada Mata Pelajaran Mengelola Isi Halaman Web Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 2(2), 125–141. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i2.9782

Putri, E. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi IPS Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 381–388.

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik Penyusunan Modul. Artikel.(Online) http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul. pdf. diakses, 10.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.69

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190. http://dx.doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Alfabeta.

Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156–172.

Tutuk, N. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press.

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1210–1222.

Widiastuti, N. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435–445.

Wulandari, O., & Taufina, T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(6), 43–55.

Yulianti, Y., & Yuniasih, N. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai Karakter Kerjasama Materi Interaksi Sosial Kelas V di SDN Sukun 1 Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 388–392.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nursa Indah, Febrina Dafit

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id