PENGEMBANGAN APLIKASI GAMES EDUKATIF WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI MATER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain dan produk dari media pembelajaran PAI di SD berupa aplikasi games edukatif wordwall serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan wordwall pada pembelajaran PAI yang diukur dari pemahaman siswa terhadap materi PAI dengan menggunaan wordwall Penelitian dilakukan untuk mendukung kompetensi guru dalam kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan desain model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Data diperoleh dengan instrument angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian berupa: 1) Desain produk wordwall dibuat berdasarkan analsisis kebutuhan guru terhadap media pembelajaran di SD dan berdasarkan analisis kurikulum berupa analisis Kompetensi Dasar serta kesesuaiannya dengan karakteristik siswa kelas 2 SD, 2) Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah games edukatif wordwall dalam 4 jenis games, yaitu maze chase, airplane, balloon pop, open the box. 3) Kemampuan siswa dalam memahami materi PAI sangat baik melalui bantuan games wordwall. Berdasarkan hasil penelitian ini maka aplikasi wordwall dapat direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut pada Kompetensi Dasar yang lainnya dengan didampingi oleh video pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achadi, Much Wasith. 2018. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Jurnal Al-Ghazali 1(1):152–67.
Aeni, A. N., D. Aprilia, N. A. Putri, and A. Ariyanti. 2022. “Penggunaan Video Animasi DESI ( Deskriptif, Edukatif, Smart Dan Interaktif ) Mengenai Sistem Pembayaran Shopee Pay Later Dalam Pandangan Ekonomi Islam Sebagai Sarana Edukatif Bagi Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 22(2):1041–44. doi: 10.33087/jiubj.v22i2.2258.
Aeni, A. N, J. A. Juneli, E. Indriani, I. N. Septiyani, and R. Restina. 2022. “Penggunaan E-Book Kijubi (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW.” Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6(4):1214–22. doi: 10.35931/am.v6i4.1113.
Aeni, Ani Nur. 2022. Perkembangan Peserta Didik SD. Bandung: UPI Press.
Aribowo, Eric Kunto. 2021. “Wordwall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai Dari Quiz, Wordsearch, Hingga Anagram.” Erickunto.Com 3. Retrieved (https://www.erickunto.com/2020/11/wordwall-media-pembelajaran-interaktif.html).
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asiah, Nur. 2016. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui E-Learning Di SMA Budaya Bandar Lampung.” UIN Ar-Raniry Banda Aceh Vol 6(1):93.
Aziz, Asep Abdul, Ajat Syarif Hidayatullah, Uus Ruswandi, and Bambang Samsul Arifin. 2021. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9(1):63. doi: 10.36667/jppi.v9i1.542.
Creswell, John W., Vicki L. Plano Clark. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods Research. Vol. 31. Thousand Oaks: SAGE.
Darajat, Zakiyah. 2003. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Effendi, Darwin, and Achmad Wahidy. 2019. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21.” Pp. 125–29 in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang: Program Sekolah Pasca SArjana Universitas Negeri Palembang.
Fakhruddin, Abdul Aziz, Mochammad Firdaus, and Lailatul Mauludiyah. 2021. “Wordwall Application as a Media to Improve Arabic Vocabulary Mastery of Junior High School Students.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 5(2):217. doi: 10.29240/jba.v5i2.2773.
Farhaniah, Siti. 2021. “Penerapan Media Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi.” Universitas Islam Negeri Sulthan.
Gamayanti, Zeinita. 2021. “WORDWALL ‘SOLUSI UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH YANG LEBIH INTERAKTIF.’” Retrieved (https://hightechteacher.id/wordwall-solusi-untuk-pembelajaran-jarak-jauh-yang-lebih-interaktif/).
Hasnussaadah, Hasnussaadah. 2021. “Strategi Pembelajaran E-Learning Di Era Digital.” IQRA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1):10–16. doi: 10.26618/iqra.
Julita; Purnasari, Pebria Dheni. 2022. “Pemanfaatan Teknologi Sebagai MEdia Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital.” Journal of Educational Leraning and Innovation 2(2):227–39. doi: 10.46229/elia.v2i2.
Madjid, Abdul. 2014. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosydakarya.
Maghfiroh, Khusnul. 2018. “Penggunaan Media Worwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda.” Jurnal Profesi Keguruan 4(1):64–70.
Miles, B. Mathew,; Huberman, Michael. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. London: Sage Publication Bavelry Hills.
Muhaimin, Dkk. 2008. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: remaja Rosdakarya.
Nadia, A.I; Afiani, K.D.A; Naila, I. 2022. “Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemic Covid-19.” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 12(1):33–43. doi: 10.23887/jurnal_tp.v12i1.791.
Ngongo, Verdinandus Lelu, :, Taufiq Hidayat, and Wijayanto. 2019. “Pendidikan Di Era Digital.” Pp. 999–1015 in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang. Vol. 2. Palembang: Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang.
Nissa, Siti Faizatun; Renoningtyas, Novida. 2021. “Penggunaan Media Pembelajran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2852–60. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880.
Nurjanah, Novita Eka, and Tsali Tsatul Mukarromah. 2021. “Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur.” Jurnal Ilmiah Potensia 6(1):66–77.
Pratiwi, Zulfa Indah; Maharani, Dewi. 2020. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) (Studi Analisis Pada Kelas XI Di SMA Dharma Karya UT Tangerang Selatan.” Jurnal Qiro’ah 10(2):57–72. doi: https://doi.org/10.33511/qiroah.v10n2.57-72.
Purnanto, Arif Wijaya; Mahardika, AStuti. 2016. “Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif Dengan Program Wondershare Quiz Creator Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Malang.” Warta LPM 19(2):141–48.
Rahmadi, Imam Fitria. 2019. “Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 6(1):65–74. doi: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74.
Rizal, Ahmad Syamsu. 2014. “Perumusan Tujuan Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 12(2).
Rizkia, Fanny Sabila. 2020. “Belajar Dan Bermain Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall.” Jurnalpost.Com.
Rusmana, Mohamad Adam, dkk. 2020. Pengembangan Pembelajaran PAI Di Era Digital. Banyumas: Amerta Media.
Sari, Prima Mutiara; Yarza, Husnin Nahri. 2021. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall PAda Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi.” Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(2):195–99.
Sari, Windayani Ika Yunita. 2021. “Wordwall Sebagai Media Belajar Interaktif Daring Dalam Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Geografi Pada Mata Kuliah Geografi Desa Kota Di Masa Pandemi.” Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi 10(1):1–10.
Savitri, Adelia. 2021. “Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring Di Perguruan Tinggi.” ISoLEC 2021 Proceedings: Digital Transformation in Language, Education, and Culture: Challenges and Opportunities 5(2014):159–66.
Shiddiq, Jamaluddin. 2021. “Inovasi Pemanfaatan Wordwall Sebagai Media Game-Based Learning Untuk Bahasa Arab.” JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 05(01):151–68.
Sulistyowati, Endang. 2012. “Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar.” Al-Bidayah 4(1):63–76.
Syarif, Miftah. 2017. “Penguatan Pendidikan Agama Islam (PAI) Sebagai Kurikulum Inti Di Sekolah.” Jurnal Pigur 2(1):194–202.
Tiari, Dinar Arena, Nunuk Suryani, and Suharno Suharno. 2016. “Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Organ Tubuh Manusia Dan Fungsinya.” Teknodika 14(1):22. doi: 10.20961/teknodika.v14i1.34696.
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research): Teori & Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Tunisissa, Izmi Fadhila; Salamah, Siti; Wiramanggala, Ayu Nabila; Aprilianti, Alda Dwi, Aeni, Ani Nur. 2022. “Pemanfaatan Gamasis ( Games Anak Islami) Dengan Website Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Meneladani Kepemimpinan Umar Bin Khattab Di Kelas 6 SD.” Jurnal PEndidikan Dasar 12(02):184–92. doi: https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.
Yasri, Randa Avito, Ambiyar Ambiyar, and Mulianti Mulianti. 2019. “Penerapan Video Media Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Shield Metal Arc Welding.” Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan 2(1):31–38. doi: 10.24036/jptk.v2i1.4923.
Zuhairini, dkk. 1983. Metode Khusus Pendidikan Agama,. Surabaya: Usaha Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dadan Djuanda, Ani Nur Aeni, Maulana -, Rini Nursaadah, Salsabila Baliani Putri Sopian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id