KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDS IT SAINS INSANI TANJUNG MORAWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecerdasan emosional dan spiritual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDS IT Sains Insani Tanjung Morawa. Sampel Penelitian berjumalh 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: 1) Terdapat kontribusi yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SDS IT Sains Insani, Tanjung Morawa. Apabila siswa memiliki kecerdasan emosional yang tepat maka hal ini akan memberikan sumbangan positif terhadap motivasi belajar siswa; 2) Terdapat kontribusi yang signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SDS IT Sains Insani, Tanjung Morawa. Dengan semakin baiknya kecerdasan spiritual maka akan memberikan sumbangan positif terhadap motivasi belajar siswa; 3) Terdapat kontribusi signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa di SDS IT Sains Insani, Tanjung Morawa. Dengan baiknya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dapat memberikan sumbangan terhadap motivasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
At-Tirmidzi, Muhammad Bin Isa Bin Surah, Sunan at-Tirmidzi, Riyadh:Maktabah al-Ma’aarif Linnasyri Wattauzi’, , Cet. Ke-2, 2008H/1429M.
Buzan, Tony dan First, Head, (2003), 10 Cara Memanfaatkan 99% Dari Kehebatan Otak Anda Yang Selama Ini Belum Pernah Anda Gunakan Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Covey, Stephen R., (2005), The 8th Habit: Melampaui Efektifitas, Menggapai Keagungan. Jakarta: Gramedia pustaka utama.
Efendi, Agus, (2005), Revolusi Kecerdasan Abad 21; Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence Atas IQ Bandung: Alfabeta
Goleman, D. (2004). Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
Kemendiknas. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Kemendibud
Khan, Sharif. (1986). Islamic Education. New Delhi: Ashish Publishing House
Martin, (2007), Smart Emotion; Volume 1: Membangun Kecerdasan Emosi (Cet. Ke-3, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mashar, Riana. (2011). Emosi anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan. Jakarata. Kencana.
Rianto, Yatim (2012) Pardigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta. Kencana
Steers, Richard M. & Porter, Lyman W. (1991). Motivation and Work Behavior. New York: Mc Graw-Hill.
Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.
Sumikan, (2011), Tesis, Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Peningkatan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto.
Zohar, dkk, (2001) SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Khairul Ameer, Afrahul Fadhila Daulay, Humaida Br Hasibuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id