TINJAUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM IPS DI SEKOLAH DASAR

Yulfia Nora, Nurhizrah Gistituati, Alwen Bentri

Abstract


Kependidikan IPS bertujuan untuk menjabarkan pengembangan kurikulum IPS di setiap level sekolah di Indonesia. kependidikan IPS, pengembangannya mempunyai sejarah yang mempunyai dinamika dan polemik di Indonesia. Tinjauan pengembangan kependidikan IPS mempunyai metode historis yang dapat menjelaskan pengembangan kependidikan IPS diadaptasikan dari pelopor pengembangan kependidikan IPS, yaitu Amerika dan Inggris yang menjadi acuan kependidikan IPS di Indonesia. Pengembangan kependidikan IPS di Indonesia berdasarkan keadaan masyarakat dan kepemerintahan Indonesia sehingga berpengaruh terhadap pemantuan dan revisi desain kurikulum kependidikan IPS di Indonesia sampai pada pembelajaran sekolah. Penelitian menggunakan kajian kepustakaan yang dikumpulkan berdasarkan sejumlah review jurnal yang dikelompokkan secara historis berdasarkan tinjauan penggunaan kurikulum IPS di sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kependidikan IPS memberdayakan perkembangan kecanggihan teknologi yang melibatkan masyarakat sebagai objek pengembangan kependidikan IPS. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan kependidikan IPS memerlukan keterlibatan perkembangan zaman sejalan dengan kecanggihan teknologi dan masyarakat agar tetap berkembang dan dinamis keilmuan IPS di kependidikan Indonesia.


Keywords


pengembangan kurikulum IPS, sekolah dasar

References


Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Nur El-Islam, 1(2), 48–58.

Bisyada, Iqbal. M. (2014). Sejarah Perkembangan IPS di Indonesia. Jurnal Sosialita, 5(2).

Daga, T. A. (2020). Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 hingga Kebijakan Merdeka Belajar). Jurnal Edukasi Sumba, 4(2), 103–110.

Depdiknas. (2010). Pendidkan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Dirjend Dikdasmen.

Endayani, H. (2017). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. IJTIMAIYAH, 1(1), 92–112.

Fauziah, N. N., Lestari, R., & Rustini. Tin. (2022). Perkembangan Pendidikan IPS di Indonesia pada Tingkat Sekolah Dasar. AR-RIAYAH, 6(1), 89–104.

Gunawan, R. (2021). Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hariani, S. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Diskusi Terbimbing Di SDN 001 Sungai Salak. Primary: jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 11(4), 1230–1237.

Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan IPS di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 147–154. https://doi.org/DOI: 10.23887/pips.v4i2.3493

Putra, D. E., Ain, Q. S., Mulyani, A. E., & Anggraini, D. M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis IPS Siswa melalui Pembelajaran Discovery Learning di SDN 111 Pekanbaru. Primary: jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 10(6), 1704–1717.

Rachmah, H. (2014). Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Alfabeta.

Rindiana, T., Arifin, H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Model Pembelajaran Radec untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Utentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89–100.

Sa’adah, L. E., Jamaludin, U., & Rahman, N. I. (2020). Implementing Online Learning Based On Higher Order Thinking Skills (HOTS) For Social Science Subject At Grade V SDIT Al Izzah. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 879–890.

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (8th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yulfia Nora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id