PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB MUATAN IPA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Yeni Eliza Ferawati, Murjainah Murjainah, Silvya Lara Syaflin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia berbasis web muatan IPA kelas V di sekolah dasar. Metode peneltian ini pengembangan dengan model Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga tahap, yaitu 1) tahap penilaian kebutuhan, 2) tahap desain, 3) tahap pengembangan dan implementasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 35 palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara tidak terstruktur, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis kevalidan, kepraktisan, dan efek potensisal. Penelitian ini menghasilkan multimedia berbasis web yang valid digunakan, dengan diperoleh nilai 89,2% dengan kategori “sangat valid”. Kepraktisab dengan  uji coba one-to-one dari respon siswa diperoleh nilai 88% dengan kategori “sangat praktis”, dan uji coba small group diperoleh nilai 85,1% dengan kategori “sangat praktis”. Lebih lanjut multimedia berbasis web yang dikembangkan memiliki efek potensial, hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa mencapai KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah yaitu sebesar 70. Jadi pengembangan multimedian berbasis web muatan IPA di sekolah dasar dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial.

 


Keywords


Multimedia, web, IPA, Sekolah Dasar

References


Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Vol.1 No.2(, 1 (2), 59).

Ariyani, N. K. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Siklus Air. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5 nomor 2, 264.

A'yun, N. Q., & Rahmawati, I. (2018). Pengembangan Media Interaktif Si Pintar Berbasis Aplikasi Android Materi KPK Dan FPB Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah dasar . Vol. 6, No. 2(48).

Ayurachmawati, P., Syaflin, S. L., & Prasrihamni, M. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Muatan Materi IPA di SD. Jurnal Cakrawala Pedas. , Vol, 8, no, 3, 942.

Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufik, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V di SD Al Islah Surabaya. . Vol. 1 No.2(172).

Busana, J. T. (2021). Green fashion Identik Dengan Paperless. Vol, 10. No 3(47-56).

Deliany, N. H. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta didik di Sekolah Dasar. Vol, 17. No 2(92).

Destya, A. (2014). Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, UMS., Vol. 1 No 2, 195.

Donna, R., Egok, A. S., & febriandi, R. (2021). Pengembanga Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Vol, 5. No, 5( 3799).

Egok, A. S., & Hajani, T. J. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran IPA Bagi Siswa Sekolah Dasar Kota Lubuklinggau. Vol, 1. No, 2(155).

Elu, A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pendeteksian Vulnerability Structured Query Language (SQL) Injection Untuk Keamanan Website. Vol, 8. No, 22(113).

Ernawati, l., & Sumardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran administrasi server. Vol, 2. No 2(207).

Faranziah, E. (2018). Respon Pengguna Terhadap Desain Antarmuka Website SPMB Universitas Trisakti (Vol. 1004). Jakarta: Universitas Trisakti.

Ghufron, M. A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tanatangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, 218-234.

Haswan, F. (2017). Aplikasi Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam. Vol, 3. No, 1(33).

Ibrahim, A. (2018). Sistem Informasi pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada PDAM Kota Ternate. Vol 3, No 1(12).

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasisi web Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa kelas VII. Vol, 3. No 2(166-182).

Lelilita, L. N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis HTML Materi Perpindahan Kalor Kelas V Sekolah Dasar. Vol, 8. No, 3(434).

Meihan, A. M. (2020). Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Mobile Sedang Berjalan. Vol, 23. No, 1(9).

Miranti, M. G. (2021). Utilization Development of Glide "Daily Nutrition' Application Based on Android. (106).

Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Sudagar, F., Pratama, R., & Wahyuni, S. (2019). A Sequential Explanatory investigation of TPACK: Indonesia science teachers; survey and perspective. . 9 No.3(269-281).

Murjainah, Kuswidyanarko, A., Imansyah, F., Ananda, M., Pratiwi, A., Rozikin, F., & Nurhasanah, P. (2022). Dasar-Dasar Pembelajaran Digital. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka.

Naciri, A. B. (2020). Mobile Learning In Higher Education: Unavoidable Alternative During COVID-19. Vol. 4 No.1.

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2020). Pengembangan Multimedia Moodle pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Web Bagi Siswa IV SD. . Vol, 2. No 1(49).

Pendro, d. (2018). A Critical Review Of Mobile Learning Integration In Formal Educational Contexts. Vol, 15. No, 10.

Rahardjo, T. D. (2019). Mobile Learning Berbasisi Android Aksara Jawa Kelas X SMK Negeri 5 malang. Vol, 2. No, 3(196-197).

Riyanto, G. P. (2021, Februari Selasa). Jumlah Penggunaan Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Retrieved Januari Jum'at, 2022, from Kompas.com: https://amp.kompas.com/tekno/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-jut

Saifudin, M. F., Susilaningsih, & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi Untuk Memudahkan Belajar Siswa SD JKTP. Vol, 3 No. 1(69).

Saifudin, M. F., Susilaningsih, & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi Untuk Memudahkan Belajar Siswa SD JKTP. Vol, 3 No. 1(69).

Sam, N. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 46 Makassar. Vol, 1. No, 3(140).

Satria, T. G. (2020). Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa Sd Di Kota Lubuklinggau. Vol. 4, No. 1.

Septian, D. f. (2021). Implementasi MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Dalam pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab Safinah Sunda. Vol, 15. No, 1(16).

Subarisman, S. (2018). Pembuatan website Kumpulan Berita Hoax Untuk Menjaga Kualitas Pesan Pada Ruang Publik. Vol 14, No 2(69).

Sulistianingsih, E., & Mukminan. (2019). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Multimedia Pada Materi Litosfer Dannya Efektifitas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa Motivasi dan Hasil. Vol,4. No, 1(21).

Sunarni. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui metode Kelompok Sindikat (Syndicat Group) di kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak. Vol, 1. No, 2(69).

Syuhardi, Y. I. (2019). Pengaruh Desain Program dan Pemrograman Web Terhadap pembuatan E-learning pada Siswa SMK. Vol, 5. No, 3(73).

Yatini, Y. (2018). Pengaruh Metodologi Insersi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas 5 SD Al Azhar Syifa Budi Cibinong. Vol, 3. No, 2(75).

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yeni Eliza Ferawati, Murjainah Murjainah, Silvya Lara Syaflin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id