IMPLEMENTASI METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SIAK KABUPATEN SIAK

Maidar Maidar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan guru dalam menyusun evaluasi pembelajaran Di Sekolah Luar Biasa Negeri Siak Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) berlokasi di Sekolah Luar Biasa Negeri Siak Kabupaten Siak, yang ditujukan pada guru-guru. Adapun alasan  utamanya adalah dari hasil pengamatan dan  informasi dari guru, bahwa kompetensi guru dalam menyusun evaluasi masih tergolong kurang. Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Negeri Siak Kabupaten Siak. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di Sekolah Luar Biasa Negeri Siak Kabupaten Siak yang berjumlah 19 orang. Dan seluruhnya di jadikan sampel. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, adapun setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Dari uraian pengolahan data dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa kemampuan evaluasi guru didapatkan pada siklus I sebesar 61.6 dengan kategori tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi 75.3 dengan kategori tinggi. Artinya bahwa penerapan kegiatan metode latihan untuk meningkatkan kemampuan evaluasi guru di Sekolah Luar Biasa Negeri Siak Kabupaten Siak dikatakan berhasil.


Keywords


kemampuan evaluasi guru, metode latihan

References


Aulia, R, N. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Dasar, Jurnal Belaindika, 1(1), 1-9.

Ahmad. (2015). Evaluation of reliability and validity of the general practice physical activity questionnaire (GPPAQ) in 60–74 year old primary care patients. BMC Family Practice, 16(113), 1-9.

Arifin, Z. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamid, A. (2016). Implementasi Kompetensi Guru Dalam Evaluasi Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah Al-Balad Kamande. J-ALIF Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Budaya Islam, 1 (1), 28-42.

Indriani, S. (2022). Analysis of Teaching Readiness of FKIP Students of Teacher Education Study Program, Riau University Class of 2018. EduGen: Educational Generation Journal, 1(1), 18-23.DOI : https://doi.org/10.56787/edugen.v1i1.7

Jamilus. (2019). Model Pelatihan Berbasis Need Assesment Dalam Meningkatkan Kompetensi Supervisi Akademik Pengawas Pai. Jurnal Al-Fikrah, 7 (2), 139-154.

Kadir, (A). (2018). Peningkatan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Melalui Pelatihan Model Assure Dengan Pendekatan Scientific Pada Mgmp Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2017. Jurnal Akademika, 14 (1), 1-19.

Lestari, T., &SB. Nugraheti, S.,(2022). Game Media Development Cross Puzzles in Learning Summary Explanation Text. EduGen: Educational Generation Journal, 1(1), 1-8. DOI : https://doi.org/10.56787/edugen.v1i1.3

Muhyidin. (2017). Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 139-146.

Nurulshifa, A, M. (2014). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Bertingkat Berdasarkan Taksonomi Bloom Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Siswa Pada Tema Cahaya. Unnes Science Education Journal, 3(1), 403-409.

Pagarra, H., dkk. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes Dan Penugasan Online. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10 (3), 260-265.

Riadi, A. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah Xi Kalimantan, 15 (28), 52-67.

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal pendidikan madrasah, 2 (1), 13-22.

Suardipa, I, P. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal widyacara, 4 (2), 88-100.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Saprilia, R. (2022). Identification of School Bullying Behavior in High Grade Students of State Elementary School 001 Balam Jaya Kampar. EduGen: Educational Generation Journal, 1(1), 9-17. DOI : https://doi.org/10.56787/edugen.v1i1.6




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maidar Maidar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id