KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SDN 84 PEKANBARU

Rika Amelia, Dea Mustika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Pekanbaru dan solusi untuk mengatasi kesulitan operasi hitung pembagian pada siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang didapatkan dalam penelitian ini berasal dari 5 orang siswa kelas IV. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan uji keabsahan data triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SDN 84 Pekanbaru .. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa yang kurang memahami konsep pembagian sebagai pengurangan berulang, kurang memahami keterampilan berhitung pembagian bersusun kebawah, serta sulitnya memahami operasi hitung pembagian dalam bentuk soal cerita.


Keywords


kesulitan belajar, matematika, operasi hitung pembagian

References


Abdullah & Amansyah. (2016). Modul Guru Pembelajaran. Direktorat Jendral Guru danTenaga Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Adyanti, Rizqia. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV MI Al-Mursyidiyyah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Budiyanto, unggul. (2015). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bibis Bangunjiwo Kasihan Bantul.

Djamamaluddin & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan. CV. Kaaffah Learning Center.

Fatah, dkk. (2021). Jenis-jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komprehensif Pada Siswa SMK Muhammadiyah Tegal. Jurnal Psycho Idea Vol.19 No.01. DOI:10.30595/psychoidea.v19i1.6026

Fina & Faisal. (2017). Karakteristik Siswa Kelas IV SD.

Hanik, Asti Noor. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas Xi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Imamuddin, M, dkk. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Vol.4 No.1.

Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. Jurnal Edukasi Vol.2 No.1.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Disekolah Kita. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Vol.1 No.1

Magdalena, Ina, dkk. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas 4 di SDN Bulak III Tangerang Selatan. Jurnal Halaqah Vol.3 No.3 Hal 75-83.

Mustika, Dea. (2017). Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Handayani Vol.7 Hal 1-10. DOI : https://doi.org/10.24114/jh.v7i2.7230

Mustika, Dea. (2022). Peran guru dalam pembelajaran dikelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan konseling Vol.4 No.4. DOI : https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5197

Mustika , Dea. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Siswa Belajar Peserta Didik Di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol.1 No.2. DOI : https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.105

Nabila, Nasrin. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika SD Berdasarkan Teori Kognitif JeanPiaget. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Vol.6 No.1.

Nurjan, Syarifan. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo. CV. Wade Group.

Pane, Aprida, M. Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 03 No.02. DOI : https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Putro, Ratiko Eko. (2019). Minat Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri Godean 1 Kabupaten Sleman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penjas Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, Tri. (2019). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran. Jurnal Instusi Misbahul Ulum Vol.1 No.2.

Rizky, Ayu, dkk. (2018). Faktor-faktor Penyebab Dan Upaya-upaya Untuk Mengatasinya. Jurnal Bening Vol.2 No.2. DOI : http://dx.doi.org/10.36709/bening.v2i2.10641

Rosyadi, Widiya. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian pada Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Siagian, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MES Vol.2 No.1.

Sisca, dkk. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas II Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Materi Perkalian dan Pembagian. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.5 No.2 Hal 183-190. DOI : https://doi.org/10.22437/gentala.v5i2.9356

Sitanggang, Narda Kikiwati. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 068003 Simalingkar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality. Medan.

Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Taranita, Reni. (2018). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin. Jambi.

Wahyudi. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Di Kelas Viii Smp Negeri 14 Pontianak. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Wahyuningtyas & Ladamay. (2015). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dan Pembagian Bilangan Bulat Menggunakan Media Wayangmatika. Jurnal Pancaran, Vol..5 No. 3 hal 51-60.

Wardani, Anggraeni Diyah, dkk. (2021). Analisis Kesalahan Konsep Dalam Penyelesaian Soal Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Vol.1 No.2

Yuliana , Erika, dkk. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Operasi Hitung Pembagian Di SD. Jurnal Sinektik Vol.3 No.1




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rika Amelia Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id