STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 170 PEKANBARU

Nurma Yunita, Siti Quratul Ain

Abstract


Strategi guru dalam meningkatkan motivasi siswa sangat diperlukan saat pembelajaran. Motivasi yang diberikan oleh guru akan membuatnya selalu bersemangat dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi guru kelas dan kendala guru kelas dalam memotivasi belajar pada siswa. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian lapangan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah guru telah memiliki strategi dalam memotivasi belajar siswa berupa penjelasan pencapaian tujuan, pembangkitan terhadap minat, menciptakan suasana senang dalam belajar, menggunakan penyajian metode yang menarik, memberikan pujian atas keberhasilan memberikan nilai tambahan selama proses pembelajaran. Adapun kendalanya ialah masih ada siswa yang malas belajar, membuat ribut di dalam kelas dan tidak mendengarkan guru berbicara, takut untuk mengeluarkan pendapat, tidak semua siswa suka dengan metode pembelajaran yang digunakan guru, malas menulis dan tidak mau mengikuti peraturan dikarenakan beberapa perbedaan karakter para siswa tersebut. Saran atau rekomdendasi penelitian ialah bagi guru agar selalu merubah metode atau strategi pembelajarannya dalam memotivasi siswa dilihat dari kondisi dan keadaan ketika belajar.


Keywords


Strategi Guru, Motivasi Belajar, Siswa

References


Achadah, A. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Nahdhotul Ulama Sunan Giri Kepanjen Malang. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 363–374. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.379

Afifah, A., & Mashuri, I. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa (Studi Multi Kasus Di Sdi Raudlatul Jannah Sidoarjo Dan Sdit Ghilmani Surabaya). Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 187–201. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.267

Afriani, R., & Ain, S. Q. (2022). Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(1), 263–270. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1275

Arfah, S. (2017). Peran dan Fungsi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. dalam Jurnal Pendidikan Islam Al-Munawwara, 9(1).

Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Chan, F., Kurniawan, A. R., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439–446. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal office, 2(2), 221–228. https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956

Kadir, A. (2013). Signifikansi Strategi Pembelajaran Pendidikan Lingkungan dalam Membentuk Prilaku Siswa Berwawasan Lingkungan. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 1–18. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i2.301

Kompri, M. P. I. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif guru dan siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardiah, K., Mansur, R., & Sulistiono, M. (2021). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 3 Tamanharjo Singosari Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 142–149.

Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v5i1.64

Masruroh, L., & Ma’ruf, M. (2020). Strategi Guru dalam Memotivasi Hafalan Juz 30 Santri Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’in Blawi Masangan Bangil. JIE (Journal of Islamic Education), 5(1), 89–99.

Naomi, M. R. W.-P. (2012). Pengaruh Motivasi Diri Terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Paramadina. abmas, 79.

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya.

Sanusi, A. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052.

Solikah, F. M. (2018). Strategi Guru Dalam Memberi Motivasi Belajar Siswa Di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 3(1). http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Syahrial, S., Kurniawan, A. R., Alirmansyah, A., & Alazi, A. (2019). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 232–244. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8455

Warsono, W. (2017). Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial. The Journal of Society and Media, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p1-10

Yarangga, F. S. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. FKIP UNS.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurma Yunita, Siti Quratul Ain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id