ANALISIS KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGEMBANGKAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINGKING SKILLS

Maryono Maryono, Eka Sastrawati, Hendra Budiono

Abstract


Penetitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru sekolah dasar dalam mengembangkan instrumen asesmen higher order thingking skills. Adanya penelitian ini akan menggambarkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru khususnya guru sekolah dasar dalam mengembangkan instrumen asesmen higher order thingking skills. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SDN 018/V Kuala Tungkal yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian ini didapat beberapa point pokok yang menjadi kesulitan guru sekolah dasar dalam mengembangkan instrumen asesmen higher order thingking skills meliputi pemahaman guru terhadap kata kerja operasional yang termasuk dalam HOTS, penyesuaian kompetensi dasar dan indikator dalam penyusunan RPP, kesulitan guru dalam menyusun instrumen asesmen HOTS, dan pembagian waktu dalam menyusun instrumen asesmen. Kesulitan ini menyebabkan peserta didik tidak terbiasa untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang sesuai dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


kesulitan guru, instrumen, asesmen, hots

References


Alhikmah, R. N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 655–669.

Arianti, D. (2015). Studi Evaluasi Administrasi Guru Kelas. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(4), 567–578.

Handini, E. O., Asnimar, A., & Laihat, L. (2021). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Penilaian Berbasis Hots Di Kota Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(2), 135–143.

I.W. Puwardana, Sariyasa, & I.N. Suastika. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Pada Materi Pengolahan Data Dalam Kehidupan Sehari-Hari Untuk Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 147–156.

Khotimah, K. (2019). Pengembangan evaluasi pembelajaran berbasis higher order thinking skill di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 87–89.

Lestari, A., & Gunawan. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, Vol. 1 No. 2, 2020: 58 - 63, 53(51375516), 1405–1416.

Masitoh, L. F., & Weni, G. A. (2020). Pengembangan Instrmen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 886–897.

Maulina, D., Slamet, S., & Indriayu, M. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS) Instrument in Social Studies Learning for Elementary School Students in Grobogan Regency.

Nisa, N. A. K., Widyastuti, R., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Instrumen Assesment Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 1(2), 543–556.

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307–316.

Pratiwi, P. H. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skills). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209.

Purnasari, P. D., Silvester, S., & Lumbantobing, W. L. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thingking Skills (Hots) Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Sebatik, 25(2), 571–580.

Rasyid, R., & Amran, M. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Indikator Pembelajaran Kuriukulm 2013 Sdn 210 Bottopenno Pendahuluan . 5(2), 180–199.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257.

Widana, W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS). Jisae: Journal of Indonesian Student Assesment and Evaluation, 3(1), 32–44




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 eka Sastra Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id