UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SD NEGERI 091621 PERDAGANGAN

Des Alvani Lovenia Harefa, Ester Julinda Simarmata, Antonius Remigius Abi, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SD Negeri 091621 Perdagangan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 091621 Perdagangan Tahun Pembelajaran 2021/2022 yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 16 laki-laki dan 17 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.

Dengan menerapkan Model pembelajaran TPS pada tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar individu , klasikal, dan nilai rata-rata siswa yaitu ; pada pretest siswa secara individual yaitu 6 orang yang tuntas, secara klasikal yaitu 18% dengan nilai rata-rata 45. Pada siklus I secara individual yaitu 16 orang yang tuntas, secara klasikal 48% yang tuntas dengan rata-rata 65. Pada siklus II secara individual yaitu 29 orang yang tuntas, secara klasikal 88% dengan rata-rata 79. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 55% dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 92% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan peningkatan kedua siklus ini dapat dilihat bahwa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan sebesar 37%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan. Dimana pada siklus I hasil observasi aktivitas siswa di peroleh nilai 57 dengan kriteria cukup dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 90 dengan kriteria sangat baik. Sehingga peningkatan hasil observasi aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 33.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Des Alvani Lovenia Harefa, Ester Julinda Simarmata, Antonius Remigius Abi, Darinda Sofia Tanjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id