ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan moda daring di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel adalah 10 guru sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di 10 sekolah dasar di Kecamatan Pacar Kabupaten Manggarai Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan angkert yang terdiri atas 25 butir pertanyaan terkait impelementasi pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19 yang terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument. Berdasarkan hasil uji validitas instrumen diketahui bahwa instrumen persepsi guru semuanya dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas adalah 0.84 dalam kategori tinggi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis Pengisian angket oleh responden terhadap 25 item instrumen angket dengan tiga dimensi yaitu dimensi bahan ajar reratanya 2,84 dimensi interaksi siswa dengan rata-rata 4.14, dan dimensi linkungan belajar rata-ratanya adalah 2.92. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika dengan metode daring bagi siswa di kecamatan Macang Pacar Kabupaten Manggarai Barat tidak terlaksana dengan baik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada guru untuk melaksanakan pembelajaran online dengan mempertimbangkan sarana dan prasaran pendukung yang dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang interaktif dengan mempertibangkan asas keadilan bagi seluruh peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bentley, Y., Selassie, H., & Shegunshi, A. (2012). Design and evaluation of student-focused eLearning. Electronic Journal of E-Learning, 10(1), 1–12.
Boon, H. N., & Boon, D. A. (2012). Analyzing Likert Data. Journal of Extension, 50(2).
Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). United States of America: SAGE Publication.
Dewayani, T. (2020). Flexible Working Space (FWS) Sebagai New Normal Kementerian Keuangan Pasca Pandemi Covid-19. DJKN-Kemenkeu.
Endah Wulantina, S. M. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 110–121. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Fortune, M. F., Spielman, M., & Pangelinan, D. T. (2011). Students’ Perceptions of Online or Face-to-Face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), 1–16.
Hidayat, A., & Sadewa, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 321–328.
Jamaludin, D. dkk. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Karya Tulis Ilmiah, 2.
Kemdikbud. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kuo, Y. C., Walker, A. E., Schroder, K. E. E., & Belland, B. R. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.10.001
Menggo, S., Midun, H., & Pandor, P. (2021). Students’ Digital Literacy Competence and English Study Habits. The 1st International Conference on Education, Humanities, Health, and Agriculture. https://doi.org/10.4108/eai.3-6-2021.2310655
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Permana, G. K., & Daryati, D. (2013). Persepsi Siswa dan Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-Learning Di SMK Negeri 4 Jakarta. Jurnal PenSil, 2(2), 111–117. https://doi.org/10.21009/jpensil.v2i2.9872
Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(6), 703–712. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.703-712
Radovan, M., & Makovec, D. (2015). Adult learners’ learning environment perceptions and satisfaction in formal education-case study of four East-European countries. International Education Studies, 8(2), 101–112. https://doi.org/10.5539/ies.v8n2p101
Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65–76.
Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160
Szpunar, K. K., Moulton, S. T., & Schacter, D. L. (2013). Mind wandering and education: From the classroom to online learning. Frontiers in Psychology, 4(AUG), 1–7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00495
Tsaniyah, S. F., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2019). Pengaruh Model Blended Learning menggunakan Schoology Terhadap Prestasi Belajar ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Terapan Sains & Teknologi (RAINSTEK), 1(1), 71–77.
Bentley, Y., Selassie, H. and Shegunshi, A. (2012) ‘Design and evaluation of student-focused eLearning’, Electronic Journal of e-Learning, 10(1), pp. 1–12.
Boon, H. N. and Boon, D. A. (2012) ‘Analyzing Likert Data’, Journal of Extension, 50(2). Available at: http://www.joe.org/joe/2012april/tt2p.shtml[8/20/2012 9:07:48 AM].
Creswell, J. W. (2014) Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). United States of America: SAGE Publication.
Dewayani, T. (2020) ‘Flexible Working Space (FWS) Sebagai New Normal Kementerian Keuangan Pasca Pandemi Covid-19’, DJKN-Kemenkeu. Available at: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jabar/baca-artikel/13122/Flexible-Working-Space-FWS-Sebagai-New-Normal-Kementerian-Keuangan-Pasca-Pandemi-Covid-19.html.
Endah Wulantina, S. M. (2019) ‘Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom’, Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), pp. 110–121. doi: 10.35438/inomatika.v1i2.156.
Fortune, M. F., Spielman, M. and Pangelinan, D. T. (2011) ‘Students’ Perceptions of Online or Face-to-Face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism’, MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), pp. 1–16.
Hidayat, A. and Sadewa, P. (2020) ‘Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), pp. 321–328.
Jamaludin, D. dkk (2020) ‘Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru ’:, Karya Tulis Ilmiah, p. 2. Available at: http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/.
Kemdikbud (2020) Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Available at: file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf.
Menggo, S., Midun, H. and Pandor, P. (2021) ‘Students’ Digital Literacy Competence and English Study Habits’, in The 1st International Conference on Education, Humanities, Health, and Agriculture. Ruteng: EAI. doi: 10.4108/eai.3-6-2021.2310655.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C. and Galyen, K. (2011) ‘E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?’, Internet and Higher Education, 14(2), pp. 129–135. doi: 10.1016/j.iheduc.2010.10.001.
Permana, G. K. and Daryati, D. (2013) ‘Persepsi Siswa dan Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-Learning Di SMK Negeri 4 Jakarta’, Jurnal PenSil, 2(2), pp. 111–117. doi: 10.21009/jpensil.v2i2.9872.
Puspaningtyas, N. D. and Dewi, P. S. (2020) ‘Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring’, Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(6), pp. 703–712. doi: 10.22460/jpmi.v3i6.703-712.
Radovan, M. and Makovec, D. (2015) ‘Adult learners’ learning environment perceptions and satisfaction in formal education-case study of four East-European countries’, International Education Studies, 8(2), pp. 101–112. doi: 10.5539/ies.v8n2p101.
Rohaendi, S. and Laelasari, N. I. (2020) ‘Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi’, Prisma, 9(1), pp. 65–76.
Suandito, B. (2017) ‘Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika’, Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), p. 13. doi: 10.24042/ajpm.v8i1.1160.
Tsaniyah, S. F., Ayu, H. D. and Pratiwi, H. Y. (2019) ‘Pengaruh Model Blended Learning menggunakan Schoology Terhadap Prestasi Belajar ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa’, Jurnal Terapan Sains & Teknologi (RAINSTEK), 1(1), pp. 71–77. Available at: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/view/3236.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9130
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sabina Ndiung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id