KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE DAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Ai Yusi Kurniawati, Sri Dewi Nirmala, Lidwina Sri Ardiasih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan hasil pretest dan posttest kemampuan membaca peserta didik, serta menganalisis perbedaan kemampuan membaca dan motivasi belajar peserta didik menggunakan pendekatan Whole Language dan pendekatan komunikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan analisis data menggunakan uji paired sample t-test data pretest posttest dan uji independent sample t-test.  Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Whole Language lebih efektif dibanding pendekatan komunikatif terhadap kemampuan membaca dan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, maka penerapan pendekatan pembelajaran Whole Language lebih direkomendasikan dibanding pendekatan komunikatif terhadap kemampuan membaca dan motivasi belajar peserta didik.

 


Keywords


Pendekatan whole language, Pendekatan Komunikatif, Kemampuan Membaca, Motivasi Belajar

References


Antari, N. P. S., Putra, I. K. A., & Darsana, I. W. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Whole Language Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar BI Siswa Kelas III SD Gugus V Dr. Soetomo. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Cahyadamayanti, L. P. (2019). ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD …. eprintslib.ummgl.ac.id. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1115

Denok. (2021, June 18). Uji Independent Samples t-Test dengan SPSS-Data Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. https://youtu.be/gMTmEyz-_Fs.

Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (n.d.). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring. In MATHEMA JOURNAL E-ISSN (Vol. 3, Issue 2).

Hamzah, B. U. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Bumi Aksara.

Khalieqy, N. E. (2012). Pendekatan Whole Language. Http://Nurulelkhalieqy.Blogspot.Com/2012/03/Pendekatan-Whole-Language-Dalam.Html#:~:Text=Menurut%20Routman%20(1991)%20dan%20Froese,Sustained%20silent%20reading.

M. Abdurrahman. (2011). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. PT Rineka Cipta.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Weaver, C. (2003). Understanding Whole Language (From Principles to Practice). Irwin Publishing.

Widianto, R., Suripto, & Kartika Chrysti Suryandari. (2013). Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 2 Kalibeji Tahun Ajaran 2012/2013. PGSD FKIP UNS.

Zuchdi, D., & Budiasih, B. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas rendah. Depdikbud.

Zulela. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar. PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ai Yusi Kurniawati, Sri Dewi Nirmala, Lidwina Sri Ardiasih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id