PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV

Hiwa Wonda, Martha Kristina Kota, Chikita Dina Arianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku digital sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Tema 4 Subtema 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan desain 4D (Define, Design, Development, Desseminate) dan model pengembangan the one group pretest-posttest. Berdasarkan analisis SBI, buku digital yang dikembangkan mendapatkan nilai kelayakan sebesar 4,57 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Setelah menggunakan buku digital, motivasi belajar siswa meningkat hingga 9,74%. Keefektifan buku digital dalam meningkatkan motivasi belajar setelah dianalisis sebesar 60,59% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Kenyataan tersebut didukung oleh peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan sebesar 10,96% dengan nilai signifikansi 0,223. Perkembangan teknologi yang semakin canggih juga membawa pembaharuan dalam lingkup pendidikan. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, guru dapat merancang sebuah buku digital yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran sekaligus sebagai bahan ajar yang dapat digunakan selama pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Buku digital juga dilengkapi dengan animasi, video, dan memungkinkan adanya rekaman suara sehingga siswa juga bisa belajar mandiri dan memiliki pengalaman belajar yang sama. Dengan kenyataan tersebut, buku konvensional perlu diinovasi dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi menjadi lebih praktis, menarik, dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat menimbulkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa.


Keywords


Buku Digital, Media, Motivasi Belajar

References


Agustina, I., Lubis, R., & Putra, S. (2019). Pocket Book of English for Graphic Technique As Learning Resource and Medium of English for Graphic Technique Course. Jurnal Arbitrer, 6, 122-129.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidian. Bandung: Alfabeta.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Gage, N., & Berliner , D. (1975). Educational Psychology. Chicago: Rand McNally, Section G.

Hayati, Sri. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.

Imron, A. (1996). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.

Indariani, A., Ayni, N., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2019). Teknologi Buku Digital Matematika dan Penerapan Potensialnya dalam Distance Learning. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1-12.

Makmun, A. S. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Rosda Karya Remaja.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Tabularasa PPS UNIMED, 89-94.

Muhammad, M., Rahadian, D., & Safitri, E. R. (2013). Penggunaan Digital Book untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Membaca pada Pelajaran Bahasa Arab. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 170-182.

Pendidikanmu. (2020). Materi tentang E-book, (Online), Pendidikanmu: (http://pendidikanmu.com diakses 5 Mei 2020)

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 146-167.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: Rajawali Pers.

Saputra, R. (2017). Cara Menganalisis dan Menghitung Uji Normalitas Gain. Tutorimaru: (https://tutorimaru.blogspot.com diakses 19 Juni 2020).

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pembelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (hal. 224-225). Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Situmorang , R. M., Muhibbuddin, & Khairil. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal EduBio Tropika, 51-97.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukayati, & Wulandari, S. (2009). Modul Matematika SD Program Bermutu Pembelajaran Tematik di SD. Sleman: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Sulistyowati, A. (2018). Pengembangan Buku Saku Mata Pelajaran Matematika Materi Geometri dan Aritmatika SD/MI (Skripsi). Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Uno, H. (2011). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9115

Refbacks



Copyright (c) 2022 Hiwa Wonda, Martha Kristina Kota, Chikita Dina Arianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id