PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERINTEGRASI WEB PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Tisrin Maulina Dewi, Fitria Meilina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)  Berbasis HOTS Terintegrasi Web pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Produk LKPD yang dikembangkan ini berisi ringkasan materi serta soal-soal latihan HOTS yang dilengkapi dengan akses web agar bisa digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa LKPD. Metode penelitian  ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitian meliputi: a) 2 orang ahli desain; b) 2 orang ahli materi; c) 6 orang guru SD dan d) 36 orang peserta didik SD. Data kualitatif diperoleh dari observasi, wawancara, serta masukan dari validator, untuk data kuantitatif diperoleh dari kuisioner yang diberikan kepada validator dan subjek pengguna. Kuisioner penelitian yang diberikan berupa pernyataan yang terdiri dari kelayakan desain tampilan media dan kelayakan materi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi dari tim ahli desain dan tim ahli materi secara berturut memperoleh skor 84% dan 85% dengan kategori sangat layak dan (2) hasil respon guru dan respon ujicoba peserta didik memperoleh skor 84% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa produk LKPD yang dikembangkan telah layak dan dapat digunakan sebagai alternatif tambahan bahan ajar dalam proses pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.


Keywords


LKPD, Berbasis HOTS, IPA SD

References


Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ariesta, F.W. (2018). Mengintegrasikan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Pembelajaran Sains di SD. https://pgsd.binus.ac.id/2018/11/23/mengintegrasikan-higher-order-of-thinking-skill-hots-pada-pembelajaran-sains-di-sd/. Diakses Tanggal 20 Juli 2022.

Borg, W.R & Gall, M.D. (2005). Educational Research: an Introduction, Fourth Edition. New York: Longman Inc.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Dewi, T. M., Dirneti, D., & Meilina, F. (2021). Pengembangan Media Permainan Teka-Teki Silang Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Web Untuk Siswa Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1672. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8537

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information . Children and Youth Services Review, January.

Firdaus, A., Samhati, S., & Suyanto, E. (2014). Analisis Kelayakan Isi Buku teks Bahasa Indonesia Terbitan Erlangga VII SMP/MTs. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaranny), 1(1), 1–8.

Fransiska, A., Prasetyo, E., & Jufriansah, A. (2021). Desain LKPD Fisika Terintegrasi HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 153–158. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3098

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Ketut Sri Puji Wahyuni, I Made Candiasa, & I Made Citra Wibawa. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476

Khair, B.N., F.P. Astria., S.K.Wardani., Nurwahiidah dan N.L.P.N. Sriwarthini. (2021). Development of Science Literacy’s Worksheet Based on Lesson Study for Learning Community (LSCL). Jurnal Pijar MIPA 16(1), 136-141.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013.

Kumala, Farida Nur. 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang. Ediide Indografika.

Masykur, 2019. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Lampung. Aura

Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574

Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan Lks Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa. The Journal of Economic Education, 4(1), 14–19.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta. Diva Press.

Pratiwi, D. E. (2020). Pengembangan Buku Ajar IPA SD melalui Pendekatan Konsep Cinta Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 35–50. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.11903

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, B. S., Hariyadi, S., & Hariani, S. A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negegi Grujugan Bondowoso. Pancaran, 3(3), 83–92. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/765

Wahyuningsih, Y., Rchmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Keterampilan Generik SAINS dalam Pembelajaran IPA SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 227–234.

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). To improve learning achievement. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 161–171.

Widiyanti, T., Ana, F.N. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkakan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 8(1), 1269-1283.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 tisrin maulina dewi, fitria meilina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id