KOMPETENSI LITERASI DIGITAL KEPALA SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH RIMBO BUJANG DAN SD NEGERI 119/VIII KABUPATEN TEBO

Anjar Tri Pangesti, Dian Hidayati

Abstract


Aktifitas penguatan dalam hal literasi ialah sebuah program atau kegiatan yang bertujuan untuk melatih kepala sekolah dalam hal literasi digital. Dalam pengembangan untuk melakukan peningkatan kualitas kemampuan, literasi digital ialah bentuk usaha yang dilaksanakan di SD Negeri Tebo 119. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik mengkaji bahasan mengenai Digital Literacy Competency Of Principals At Sd Muhammadiyah Rimbo Bujang And Sd Negeri 119/Viii Tebo Regency. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitiatif dengan pendekatan deskriptif. Pelaksanaan kompetensi literasi digital perlu dilakukan dengan langkah yang bersifat berulang dengan tujuan untuk menghadapi masalah pada era digital. Kompetensi literasi digital harus meliputi semua aspek akademik. Guru di SD Muhammadiyah Rimbo Bujang dan SD Negeri 119/VII Kabupaten Tebo kurang terampil dalam hal implementasi IPTEK serta dapat menggunakan seluurh software di dunia pendidikan, seperti micrsoft office, aplikasi editing, dan aplikasi edukasi. Perlunya pengembangan dalam sebuah gerakan literasi nasional di lakukan oleh pemerintah melalui perencanaan mengenai literasi digital sebagai salah satu bagian dari enam literasi nasional. Adanya literasi digital peru dan sangat penting dilakukan oleh kepala sekolah, dengan tujuan sebagai pengontrol informasi yang tersedia di media. Pelaksanaan kompetensi literasi digital perlu dilakukan dengan langkah yang bersifat berulang dengan tujuan untuk menghadapi masalah pada era digital.


Keywords


Kepala Sekolah, Literasi Digital, Pendidikan

References


A’Yuni, Q. Q. (2015). Literasi Digital Remaja Di Kota Surabaya (Studi Deskriptif tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital pada Remaja SMP, SMA dan Mahasiswa di Kota Surabaya). Skripsi. Universitas Airlangga.

Bawden, D. (2001). Information and Digital Literacy: a review of concept. Joournal of Dokementation, 57(2), 218–259.

Belshaw, D. A. J. (2011). What is digital literacy? Department of Education at Durham University.

Engkoswara, & Komariah, A. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Gilster, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley.

Gunawan, B. (2002). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta:Erlangga.

Herlina, D. S. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. Yogyakarta: UNY press.

Irawan, F. B. (2019). Menyingkap Kualitas Pelayanan Pada Toko Kelontong Aulia Anugerah Pati. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 26–35.

Kemedikbud. (2017). LITERASI DIGITAL. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud, S. G. L. S. (2018). GERAKAN LITERASI SEKOLAH. Jakarta: Direktorat Jenderal.

Kemendiknas, B. P. D. P. P. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Kurniadin, D., & Machali, I. (2014). Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniasih, E. (2019). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital MahasiswaUniversitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(No. 2), 51–66.

Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 241–252.

Lisnawati, I dan Ertinawati, Y. (2019). Literasi Melalui Presentasi. Metaedukasi, 1(1), 1–12.

Mahfudh, M. R., & Imron, A. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa di SMA Negeri 1 Kota Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 16–30. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1138

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muzakar. (2014). Kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Madrasah Tsanawiyah Meureub. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 14(1), 102–114.

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Nurrizqi, A. D., & Rodin, R. (2013). TINGKAT LITERASI DIGITAL MAHASISWA JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DALAM PEMANFAATAN E-RESOURCES UIN RADEN FATAH PALEMBANG Ade. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 01(01), 1689–1699.

Puspito, D. W. (2017). Implementasi Literasi Digital Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Konferensi Bahasa Dan Sastra (International Conference on Language, Literature, and Teaching) II, 3(2), 304–399. http://indonesia.unnes.ac.id/wp-content/uploads/2017/10/C-D-PROSIDING-KBS_2-UNNES-2-320-415.pdf

Ruhaena, L. (2017). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sri, A. (2021). STRATEGI PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 3 METRO (Issue 1996).

Suhendra, D. J., Noor, M., & AM, S. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 2(1), 24–38. https://doi.org/10.24127/poace.v2i1.1388

Suhendra, D. J., Noor, M., & Sudirman. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan, 2(1), 24–38.

Wright, B. (2015). Top 10 Benefits of Digital Skills. Webpercent.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anjar Tri Pangesti, Dian Hidayati, Dian Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id