PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI SMP NEGERI 1 JOGONALAN, KLATEN

Purwo Haryono, Tukiyo Tukiyo, Sri Suwartini

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui  model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar  PPKN pada materi embag-lembaga negara  di SMP Negeri 1 Jogonalan,Klaten. . Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Subjek dalam  penelitian ini adalah siswa kelas  IXA SMP Negeri 1 Jogonalan, Klaten  tahun  pelajaran 2021/2022  yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  model  cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar  PPKN siswa kelas IXA.. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus 1  yakni 65  dan  di siklus II yakni  84.dengan rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 75 dengan persentase ketuntasan belajar  dari siklus I hingga siklus II yaitu: 69% ,78,% 97%,12% . Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara  siswa  membuat video dan mengembangkan video tersebut serta mendesain  dengan kreativitas sendiri, membimbing dalam kegiatan eksplorasi dan mengerjakan latihan yang mampu memotivasi.


Keywords


Hasil Belajar, PPKN, Cooperatif Script

References


Hardianto, G., Erlamsyah, E., & Nurfahanah, N. (2016). Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, 3(1), 22. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling. https://doi.org/10.24036/020143129 78-0-00

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta. Ghalia Indonesia

Loviana, Selvi., Nurhanurawati, M. Coesamin. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Script terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 251

Mahmudi, M. H., & Suroso, S.(2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3 i02.382

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika. Journal On Teacher Education (JOTE), 1(2), 26–32.

Noor, Aisjah Juliani & Norlaila. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (4),10

Octavia, A. Shillphy., (2020). Model- Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Belajar

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwartini, S., & Ferryka, P.Z. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tema CitaCitaku Berbasis Constektual Teaching Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 1 Gergunung. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(5),1188-1195. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7851.

Salamiah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menyimak Cerita Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1 (1): 1- 10

Tanjung, D. (2016). meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time gemes tournament (TGT) di kelas V SDN 200111 Padang sidempuan. IV




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Suwartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id