PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI SMP NEGERI 1 JOGONALAN, KLATEN
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar PPKN pada materi embag-lembaga negara di SMP Negeri 1 Jogonalan,Klaten. . Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Jogonalan, Klaten tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas IXA.. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus 1 yakni 65 dan di siklus II yakni 84.dengan rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 75 dengan persentase ketuntasan belajar dari siklus I hingga siklus II yaitu: 69% ,78,% 97%,12% . Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara siswa membuat video dan mengembangkan video tersebut serta mendesain dengan kreativitas sendiri, membimbing dalam kegiatan eksplorasi dan mengerjakan latihan yang mampu memotivasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hardianto, G., Erlamsyah, E., & Nurfahanah, N. (2016). Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, 3(1), 22. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling. https://doi.org/10.24036/020143129 78-0-00
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta. Ghalia Indonesia
Loviana, Selvi., Nurhanurawati, M. Coesamin. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Script terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 251
Mahmudi, M. H., & Suroso, S.(2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3 i02.382
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika. Journal On Teacher Education (JOTE), 1(2), 26–32.
Noor, Aisjah Juliani & Norlaila. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (4),10
Octavia, A. Shillphy., (2020). Model- Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Belajar
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suwartini, S., & Ferryka, P.Z. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tema CitaCitaku Berbasis Constektual Teaching Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 1 Gergunung. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(5),1188-1195. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7851.
Salamiah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menyimak Cerita Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1 (1): 1- 10
Tanjung, D. (2016). meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time gemes tournament (TGT) di kelas V SDN 200111 Padang sidempuan. IV
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9093
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sri Suwartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id