PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI 060935 MEDAN JOHOR TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan juga untuk melihat bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi pada tema Panas dan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 060935 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060935 Medan Johor yang berjumlah 26 orang, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 060935 Medan Johor. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan pada pratest (tes awal) siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 5 siswa 19,23% sedangkan 21 siswa (80.77%) mendapat nilai tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar siswa 52,39. Pada postest siklus I meningkat menjadi 11 siswa (42.30%) yang tuntas sedangkan 15 siswa (57.70%) tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar siswa 68,26. Pada postest siklus II meningkat menjadi 21 siswa (80.77%) yang tuntas sedangkan 5 siswa (19.23%) tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar siswa 84,61. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 060935 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azelina, D. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Spider Webbed Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2108-2117.
Aqip, Z. d. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT bumi Aksara.
Aunurrahman. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Banjarnahor, N., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 173418 Pollung. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 306–313.
Dimyati, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fasial, L. (2018). Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Medan: Cv Harapan Cerdas.
Fransiska, D. K. (2017). Buku Siswa Kelas V SD Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasibuan, R. R. (2014). Penerapan Model Artikulasi Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Bangun Datar Di Kelas V SD Negeri 101080 Muaratais II (Doctoral Dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Imas, S. (2016). Ragam Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Istarani. (2019). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media persada.
Istirani, Pulungan (2020). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Larispa.
Jihad, Asep, & Abdul, Haris. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pessido.
Juliana. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Aktivitas Siswa terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa di Kelas V SDS Gracia Sustain Medan. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 295–309.
Juliana. (2021). Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 4(2), 260–274.
Kadir, A. (2020). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kleruk, I. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Barang Bekas Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lanraki 1 Kota makassar. Jurnal IPA Terpadu, 5(1), 85-95.
Mailani, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8–11.
Mailani, E. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan Melalui Permainan Monopoli Pecahan. Jurnal Handayani, 4(1), 1–14.
Mailani, E., Simanihuruk, A., & Manurung, I. F. U. (2019). Pengembangan Media Berbasis Interactive Audio Interaction (IAI) Bagi Mahasiswa PGSD Unimed. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 9(4), 290–299.
Mailani, E., & Wulandari, E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Desimal Dengan Pecahan Campuran Berbasis Pendekatan Scientific Di Sdn 101771 Tembung T.A 2018/2019. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 94–103. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i2.14318
Manurung, I. F. U., Mailani, E., & Simanuhuruk, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry Berbantuan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa PGSD. Js (Jurnal Sekolah), 4(September), 26–32. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/20607
Melinda, S. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Artikulasi Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri No. 101766 Bandar Setia Ta 2017/2018 (Doctoral Dissertation, Unimed).
Naibaho, D. E., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 24 Tanjung Bunga. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 342–351.
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran S AVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.
Paizaluddin & Ermalinda 2016, Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta, CV.
Pardosi, B., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). Pengaruh Model SAVI terhadap Hasil Belajar pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 173593 Parsoburan. ESJ (Elementary School Journal), 10(3), 175–184.
Parhusip, E. M., Gaol, R. L., HS, D. W. S., & Tanjung, D. S. (2022). Pengaruh Pembelajaran dalam Jaringan terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri 091644 Bahlias Kecamatan Bandar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6, 212–221.
Pebriana, U., Ekowati, D. W. W., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Dan Media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Pejok II KedungademBojonegoro. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 766-772.
Purba, F. B., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). The Effect Of Paikem Approach On Students’ Learning Outcomes on The Theme of Lingkungan Sahabat Kita At Grade V SD Harapan Baru Medan Academic Year 2019/2020. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 278–286.
Purba, J. M., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 216–224.
Purwanto, N. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Shoimin, A. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Slameto. (2016). Belajar dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Samosir, J., Sipayung, R., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa Tema VIII Kelas III SD Rk Budi Luhur Medan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 108–116.
Sembiring, M. E., Simarmata, E. J., & Tanjung, D. S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Tema Praja Muda Karana ii Kelas III SD Swasta Advent Timbang Deli. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 78–87.
Sembiring, S. B., Tanjung, D. S., & Juliana. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4075–4082.
Sianipar, M. E. V., Gaol, R. L., Mahulae, S., & Tanjung, D. S. (2022). Pengaruh Bullying terhadap Keterampilan Sosial Anak di Lingkungan Sekolah SD Negeri 066050 Kecamatan Medan Denai. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(April), 458–466.
Sigalingging, R., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pemebelajaran Tematik Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(3), 263–268.
Sihombing, S., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 314–322.
Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Interactive Educational Multimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 3(4), 338–341.
Sinurat, R., Tanjung, D. S., Anzelina, D., & Abi, A. R. (2021). Analisis Cara Belajar Siswa Berprestasi Kelas IV di SDN 097376 Sippan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 14(1), 28–37.
Sipayung, P. R., Sipayung, R., HS, D. W. ., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 094097 Simpang Pongkalan Tongah Kabupaten Simalungun. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 117–123.
Siregar, Z. D., Sinaga, R., & Marianus, S. M. (2022). Pengaruh Bullying terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SV Negeri 173416 Pollung. School Education Journal PGSD Fip Unimed, 12(2), 159–167.
Sugiharti, R. E., & Fauziyah, N. E. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Artikulasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sd Islam Al-Munir, Tambun Utara. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2).
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga
Tanjung, D. S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas V SDN 200111 Padang Sidimpuan. Juril AMIK MBP, IV(1), 68–79.
Yastiari, I. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dengan Media Gambar Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 431-438.Lang, H.R. & Evans, D. N. (2006). Models, Strategis, and Methods: For Effective Teaching. New York: Pearson Education, Inc.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yanti Elnida Purba, Reflina Sinaga, Juli Ana, Darinda Sofia Tanjung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id