PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 001 KEMPAS JAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar melalui model cooperative learning dengan model Jigsaw. Tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 001 Kempas Jaya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V (Lima), jumlah siswa sebanyak 21 siswa (9 Laki-laki, dan 12 Perempuan). Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data statistik deskriftif dilakukan juga observasi, wawancara dan Tes Evaluasi pada akhir siklus. Aktivitas belajar siswa meningkat setiap siklusnya. Pada pra siklus kriteria aktivitas siswa 33.33%, setelah penerapan model cooperative learning tipe jigsaw menunjukkan adanya peningkatan. Siklus I, kriteria aktivitas siswa 61.90% dan siklus II akivitas siswa 90.47% aktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahwan., Yumandil., & Mohammad, Fitri. (2018). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Imaculata Magepanda Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka. Jurnal OIKOS. 3(1), 1-11
Amri, Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta
Arisanti, D. (2012). Peran guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas x SMA PGRI 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9)
Asni, H. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas III-A SD Negeri 2 Cakrangeara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 3(2). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v3i2.567
Asriyadin, A., & Fatkhulloh, F. (2012). Pengaruh Moving Class dan Belajar di Pagi Hari terhadap Hasil Belajar Fisika. In Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-2 2012. 3(3). 187-196
Fatimah1, Soewarno., & Suci. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 1 (2). 1-10
Fitrah, M. (2014). Pembelajaran melalui Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Prestasi Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan Yogyakarta, 27 Desember 2014. Prosiding ISSN :9 772407 749004
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hanafiah, Nanang. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Handini E A. (2012).Penerapan bembelajaran tipe JIGSAW berbantuan slide precentation Materi Jaringan Hewan, Unnes Journal Of Biology Education, 1(2). 144-150
Heryekti Pujingsih, R. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Paedagogy, 8(1), 50-56. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3196
Ike., K. (2012). Peningkatan Minat Dan HAsil Belajar Matematika Melalui Penerapan Mode Pembelajaran Kkooperatif Tipe TAI Dengan Media Batik Slinding Book Dan Macromedia Flash 8 Pro, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol 7 No. 2. 109-118
Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
Isjoni. (2010). Cooperative Learning: Evektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2)
Maryani., D. (2015). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Speed Journal – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi–Volume 12 No 1 ISSN : 1979- 9330 (Print) - 2088-0154
Masniwati, Baiq. (2018). Upaya Meningkatkan Aktifits dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV SD Negeri 45 Mataram Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw. Jurnal Ilmiah Mandala Education. 4(1). 22-30
Nilawati, N. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMP Negeri 7 Bukittinggi Provinsi Sumatra Barat. Jurnal Paedagogy, 8(3), 398-407. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3850
Permatasari, Norhayati Endah. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajara Kooperatif tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD. 3 (2). 96-104
Prihatiningsih, Eko., & Eunice Widyanti, Setyanigtyas. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPSD. 4 (1). 1-14
Riyono, B., & Retnoningsih, A. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Strategi Inkuiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. journal of Biology Education. 4(2). 15-26
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Siregar, Eveline., et al,. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor,Ghalia Indonesia
Sohibun., Filza Yulina Ade,. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive, Jurnal Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. 02 (2). 121-129
Sulfemi, Wahyu, Bagja. (2016). Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho. 5 (2). 52-70
Wijiasih, A. T. (2017). Hubungan Aktivitas Belajar Dan Disiplin Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Gugus Werkudara Petanahan Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang)
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nenri Budiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id