UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TERBIMBING DI SDN 001 SUNGAI SALAK

Susi Hariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS melalui metode pembelajaran diskusi terbimbing. Metode diskusi terbimbing dapat digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan, dengan proses pemberian bantuan yang terus menerus dan sistematis kepada siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapinya agar tercapai keterampilan untuk dapat memahami dirinya. Penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sungai Salak. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V (Lima), jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data statistik deskriftif dilakukan juga observasi, wawancara dan Tes Evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan metode diskusi terbimbing semakin meningkat. Dimana pada akhir siklus I nilai kerja kelompok yang diperoleh kelompok I-IV yaitu; 75, 80, 85, dan 85. Sedangkan pada hasil belajar siswa nilai rata-rata yang diperoleh 75.26 dengan ketuntasan klasikal mencapai 68.42%. Pada siklus II hasil yang diperoleh siswa dari nilai kerja kelompok dan hasil belajar individu pada akhir siklus memperoleh nilai masing-masing kelompok, yaitu; 90, 100, 100, 95. Sedangkan pada hasil belajar nilai rata-rata yang diperoleh 83.15, dengan ketuntasan klasikal mencapai 89.47%.


Keywords


Metode Diskusi Terbimbing, Hasil Belajar, IPS

References


Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.

Ahwan, Yumandil., & Mohammad, Fitri. (2018). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Imaculata Magepanda Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka. Jurnal OIKOS. 3(1), 1-11

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Desyandri, D. (2019). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 5(1), 43–49. https://doi.org/10.31227/osf.io/s7n59.

Hartanti., Yuli. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Karangploso. Cendikia. 11(1), 65-78

Hariyanto., Suryono (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Herlina, Ela. (2020). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Terbimbing Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Sman 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research. 1(1). 1-11

Jayanti, Dwi., M. (2014). Metode Diskusi Terbimbing Meningkatkan keberanian mengemukakan pendapat peserta didik. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1(1). 1 – 70

Kertiari, L. P., Bayu, G. W., & Sumantri, M. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal undiksha. 3(3), 335–347

Lestari, Indah. (2013). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar

matematika. Jurnal Formatif. 3(2). 115-125

Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Mas’ad, & Kusmila. (2019). Efektivitas metode pembelajaran guided note taking dan metode diskusi terbimbing terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII MTs. Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan. 7(1). 28-33

Musdalifah, Patandean, A.J., Nurhayati. (2011). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa

melalui diskusi kelompok terbimbing oleh tutor sebaya dalam mata pelajaran fisika

kelas X SMA Negeri 2 Watansoppeng. JSPF. 7(1). 59-71

Nurdianti, A. (2016). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Students Teams-Achievment Divisions, (Online),

(http://repository.unpas.ac.id/4971/), Retrieved. 14-07-2022

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah. 4(1). 185-193

Siagian, Roida. (2012). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar

matematika. Jurnal Formatif. 2(2). 122-131

Sjukur, Sulihin., B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil

belajar siswa tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(3). 368-378

Suardana, M. (2020). Efektivitas Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Agama Hindu. Journal of Education Action Research, 4(2), 132-144.https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24735

Suhendri, Huri. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian

Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 1(1). 29-39

Suparta, I. G., Wesnawa, I. G. A., & Sriartha, I. P. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SMP Negeri 1 Kubu. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpg.v8i1.23206.

Susanto, Ahmad.2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Togatorop & Heryanto. (2017). Peningkatan hasil belajar statistik dengan menggunakan

metode pembelajaran diskusi terbimbing. Jurnal Curere. 1(1). 48-55

Wahyuningsih, Sri. (2012). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Daun dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Dinamika. 3(2), 285-296.

Yamin, Martinis. (2013). Profersionalisasi Guru Dan Implementasi KTS. Jakarta: Referensi




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Susi Hariani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id