MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS STEAM PADA SISWA SD

Siti Anisa Fatonah, Khavisa Pranata

Abstract


Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh dengan sumber data penelitian melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDS Sa’adatuddarain dengan jumlah 24 siswa terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan. Sampelpenelitian sebanyak 24 peserta didik, pemelihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas berpikir tingkat tinggi menggunakan media audio visual berbasis STEAM di kelas 3 SDS Sa’adatuddarain. Hal tersebut dilihat dari jumlah siswa yang mendapat hasil ketuntasan membaca dalam kategori baik atau dengan skor ≥ 80 pada siklus 1 dan siklus 2. Oleh karena itu, direkomendasikan kepada guru dan juga siswa di SDS Sa’adatuddarain untuk menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis STEAM ini.


Keywords


STEAM, Media Pembelajaran Audio Visual, Kreativitas Berpikir.

References


Asmara, A. P. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual tentang pembuatan koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(2), 156 – 178.

Buinicontro J. K. (2018). Gathering STE(A)M: Policy, Curricular, And Programmatic Developments In Arts-Based Science, Technology, Engeneering, And Mathematics Education Introduction To Special Issue Of Art Education Policy Review: STEAM Focus. Art Education Policy Review Journal., 119(2).

Groot, K. de. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title. World Development, 1(1), 1–15. http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.00 3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/ 10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10

Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., Budiningsih, A., Suyani, E., Nurlittiani, A., & Fatimah, C. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia. LPPM Universitas Negeri Jakarta.

John W. Santrock. (1997). Life-span development. Chicago: Brown and Benchmark Publishers. Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk

Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145–155.

M. Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. corwin press.

Mu’minah, Halimatul Lim; Suryaningsih, Y. (2020). implementasi STEAM (Science, Technology, Arts and Matematics) dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Education, 5(1), 65–73.

Mulyono, S. (2011). Penidikan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rodakarya.

Munandar, utami. (1995). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Pranata, K., & Yulianti, A. (2021). Efektivitas Media Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Penjaskes Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah ADIRAGA, 7(2), 63–76.

Rawung, R. K. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Era 4.0 Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 67. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4200

Resnick,L.B. (1987). EDUCATION ANDLEARNING TO THINKLAUREN B. RESNICK. NATIONAL ACADEMY PRESS.

Riyanto, N., & Asmara, A. P. (2018). Penilaian Kualitas Media Audio Visual Tentang Karakteristik Larutan Asam Basa Untuk Siswa Sma/Ma. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 73. https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.73-85

Rosyidah, & Winarni. (2016). Efektifitas Ceramah Dan Audio Visual Dalam Peningkatan Pengetahuan Dismenorea Pada Siswi Sma. Jurnal Stikes Aisyiyah Bandung, 14(2).

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfa Beta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Anisa Fatonah, Khavisa Pranata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id