DISIPLIN BELAJAR SISWA SD SAAT PEMBELAJARAN DARING DALAM PERSPEKTIF GURU

Rika Nurhidayah, J Julia, Dadan Nugraha

Abstract


Adanya pandemi menyebabkan perubahan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka langsung antara guru dengan siswa di sekolah menjadi pembelajaran secara daring dari rumah masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi mengenai disiplin belajar siswa Sekolah Dasar (SD) selama pembelajaran daring, baik yang berada di desa dan di kota dalam perpektif guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan pencatatan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, google form, dan alat rekam berupa telepon seluler. Partisipan dalam penelitian ini yaitu tiga guru yang mengajar di desa dan tiga guru SD yang mengajar di kota. Hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dan menghasilkan lima tema yaitu, (1) Disiplin Waktu dan Perbuatan (2) Aktivitas Belajar Siswa, (3) Perbedaan Disiplin Belajar, (4) Upaya dan Kerja Sama Guru, (5) Efisiensi Penanaman Disiplin Belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam perfektif guru, sikap disiplin belajar siswa saat pembelajaran daring berubah dalam berbagai aspek meskipun tidak secara signifikan, hanya berdampak pada sebagian kecil siswa di kelas. Namun, secara keseluruhan guru menilai bahwa kondisi disiplin belajar saat pembelajaran daring cenderung kurang, lebih baik ketika pembelajaran tatap muka langsung di sekolah. Hal ini terjadi baik pada SD yang berada di desa maupun di kota.

 

 


Keywords


Disiplin Belajar, Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar, Siswa

References


Adiningtiyas, S. W. (2017). Program Bimbingan Pribadi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(2), 55–63. https://doi.org/10.33373/kop.v4i2.1438

Ahmadi, A., & Uhbiyati, N. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar ( SD ) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Journal of Education Science, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.3314/jes.v5i2.467

Anjelin, A. E., & Purnomo, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 159–163. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.236

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3805

Arikunto. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryanti, N. N. S. (2021). Efektifitas Google Form Sebagai Media Evaluasi Di Masa Pandemi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 329–342.

Ballová Mikušková, E., & Verešová, M. (2020). Distance Education During Covid-19: The Perspective Of Slovak Teachers. Problems of Education in the 21st Century, 78, Continuous. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.884

Brookfield, S. (1998). Understanding and Facilitating Moral Learning in Adults. Journal of Moral Education, 27(3), 283–300. https://doi.org/10.1080/0305724980270302

Budiman, J. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19. 12(April), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074

Creswell, J. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset : Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., Putra, A. M., & Rahman, H. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5632

Endriani, A. (2017). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Paedagogy, 4(2), 42–49. https://doi.org/10.33394/jp.v4i2.3024

Firdaus, F. (2020). Implementasi dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Utile : Jurnal Kependidikan, 4(2), 220–225. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009

Gunarsa, Y. S. D. (2012). Psikologi untuk Keluarga. Jakarta: Penerbit Libri.

Handayani, M., & Pradana, Y. D. (2021). Persepsi dan Kendala Guru SD Mengenai Sistem BDR (Belajar dari Rumah). Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 15–25. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.478

Imron, A. (2011). Manajemen Siswa Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawati, E. (2022). Dampak Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. 7(1), 3–10. Retrieved from https://www.jurnal.stt-biblika.ac.id/index.php/jtb/article/view/110

Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Masitoh, F. (2020). Educational technology as one of the terms for enhancing public speaking skills. Universidad y Sociedad, 12(2), 154–159.

Julia, J., Subarjah, H., Maulana, M., Sujana, A., Isrokatun, I., Nugraha, D., & Rachmatin, D. (2020). Readiness and Competence of New Teachers for Career as Professional Teachers in Primary Schools. European Journal of Educational Research, 9(2), 655–673. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.655

Kusuma, Z. L., & Subkhan, S. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 164–171. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4693

Mas’udah, N. F. F., & Widayati, S. (2021). Hubungan Pembelajaran Online Dengan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Lamongan. Jurnal CARE, 9(1), 21–38. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/9928/pdf

Nisa, F., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2021). Karakter Kedisiplinan Belajar Anak SDN 2 Muryolobo pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(4), 1179–1186. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.754

Pratama, A. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , (Vol 2 No 1 (2021): Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 88–95. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/1731/571

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388

Ristiana, D., & Pratiwi, I. A. (2020). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Pogading. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 165–172. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.28296

Riwana, P. P., Syahril, S., Irsyad, I., & Sulastri, S. (2021). Kedisiplinan Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran di SMK N 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4349–4357. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1556

Rosnaeni, R., & Prastowo, A. (2021). Kendala Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19: Kasus di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. Jurnal Basicedu, 5(4), 2241–2246. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1151

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127–144. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6777

Setyawati, V., & Subowo, S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. 7(1), 29–44. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/22855/10777

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. 24(2), 232–238. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharso, S., Mustika, I., & Supriatna, E. (2019). Profil Kedisiplinan Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cilawu Garut. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(5), 204–212. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i5.595

Susanti, M. A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Kemandirian Siswa Mengerjakan Tugas Rumah. Educatif : Journal of Education Research, 3(1), 162–166. https://doi.org/10.36653/educatif.v5i1.138

Taimur, S., Sattar, H., & Dowd, E. (2021). Exploring Teachers’ Perception on Successes and Challenges Associated with Digital Teaching Practice During COVID-19 Pandemic School Closures. Pedagogical Research, 6(4), em0105. https://doi.org/10.29333/pr/11253

Telupun, D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Edutainment Untuk Memotivasi Peserta Didik Selama Pembelajaran Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 254–262. https://doi.org/10.46799/jst.v1i6.77

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Grasindo.

Wegasari, K., & Utomo, S. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di SDN Cabean 3 Demak. 15, 27–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jp.v15i1.9109

Wijayanto, S., Wardana, A. E., & Purnanto, A. W. (2021). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Serta Menanamkan Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5336

Wulansari, M. P. (2021). Impresi Teknis Penugasan terhadap Beban Tugas Siswa dalam Pembelajaran Daring di Madarasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk. Islamika, 3(2), 149–162. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i2.1242

Yulianti, U., Julia, J., & Febriani, M. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pelaksanaan Blended Learning. Jurnal Basicedu, 6(2), 1570–1583. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2164




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rika Nurhidayah, J Julia, Dadan Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id