PENGALAMAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN

Aji Permana Nursidiq, Hamdan Husein Batubara

Abstract


 

Penelitian ini menyelidiki pengalaman guru sekolah dasar dengan media pembelajaran. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan. Penelitian dilakukan di SD Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Desa Siwuluh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini merupakan data komprehensif melalui survey online pada 17 guru dan wawancara pendalaman studi kasus pada 5 guru yang dipilih dari 17 guru yang kompeten. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini menemukan bahwa guru sekolah dasar lebih memilih media pembelajaran tradisional daripada media pembelajaran digital karena aksesibilitas dan portabilitas yang lebih besar. Namun, para guru melaporkan bahwa mereka tidak memanfaatkan media pembelajaran terbaru secara optimal karena mereka jarang menghadiri pelatihan sehingga tidak memiliki keterampilan dan kepercayaan diri yang diperlukan. Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa tantangan guru dalam menggunakan media pembelajaran antara lain kurangnya dukungan kepala sekolah dan orang tua, media pembelajaran digital yang tidak memadai, keterbatasan fasilitas dan sumber daya sekolah, dan alokasi waktu yang terbatas untuk mengajar. Temuan ini mengimprovisasikan guru sekolah dasar lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan keterampilan mengajar mereka. Selain itu, kepala sekolah juga diharapkan lebih memperhatikan peningkatan fasilitas sekolah, pengembangan diri guru, keterlibatan orang tua, dan pihak lain dalam melaksanakan program sekolah.

 


Keywords


penggunaan media pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, pengalaman guru, hambatan guru, fasilitas sekolah dasar.

References


Angelia, M. V., Kanzunnudin, M., & Santoso. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas V SD Tambahagung 01 Pati. JIP Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1385–1390. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.917

Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.86

Arosyidah, Y. H., Akbar, S., & Handayanto, S. K. (2021). Analisis Kebutuhan terhadap Media Pembelajaran dan Pemberian Scaffolding dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(11), 1813–1820. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15151

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital (Edisi 1). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dwijo, A.-Q. N. E. S., Indarwati, S., Suwandini, C. A. S., & Mustainah, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Melalui Media WhatsApp Selama Pandemi Covid-19 di RA Al-Qodir. Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 124–131. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.840

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 7(1), 103–113. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., … P, I. M. I. (2021). Media Pembelajaran. Sukoharjo: Tahta Media Group.

Jahiriansyah, Wahyudi, & Syukuri, M. (2013). Peran Kepala Sekolah Sebagai Pendidik dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10), 1–16. https://doi.org/10.26418/jppk.v2i10.3591

Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.857

Lathifah, M. F. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Abad Ke 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 124–128. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.98

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan: Jurnal Tekonologi Pendidikan, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Munaamah, A., Andriana, E., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Rubergi (Rumah Sumber Energi) Berbasis Media 3 Dimensi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1347–1355. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8278

Muryaningsih, S. (2021). Media Pembelajaran Berbahan Loose Part dalam Pembelajaran Eksak di MI Kedungwuluh Lor. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 84–91. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360

Rozie, F. (2018). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pencapaian. Widyagogik, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3863

Sari, N., Suryanti, K., Manurung, S. M., & Sintia. (2017). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika Kelas XI MIPA 1 SMA Titian Teras Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan(JPFK), 3(2), 2–4. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1297

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi 2). Bandung: Alfabeta, CV.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Untari, E. (2017). Problematika dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.41

Wulandari, R., Zufriady, & Hermita, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tari Berwawasan Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 361–375. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8796

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(2), 251–258. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aji Permana Nursidiq, Hamdan Husein Batubara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id