PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana validitas, kelayakan, dan kemanfaatan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kelas IV Materi bangun Datar. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Hasil penelitian dan pengembangan dilakukan dalam beberapa tahap dengan menggunakan model penelitian pengembangan 4D. Hasil validitas modul berdasarkan validasi ahli materi 93% dikategorikan sangat valid, ahli bahasa 95% dikategorikan sangat valid, ahli media 92% dikategorikan sangat valid, dan selanjutnya kelayakan berdasarkan penilaian hasil tanggapan guru dengan persentase sebesar 93% dikategorikan sangat layak. Kemudian penilaian kelayakan modul berdasarkan respon siswa dengan total skor penilaian dengan 10 indikator diperoleh hasil persentase sebesar 92% dikategorikan sangat layak. Dengan demikian media pembelajaran Modul Matematika berbasis pendekatan saintifik sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran kelas IV.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. & Saffaruddin, A.J, C. (2010). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Edisi . Jakarta: Bumi Aksara.
Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar ipa terpadu bermuatan literasi era digital untuk pembelajaran siswa SMP kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 1-8.
Cahyani, N. P., & Eska, W. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Saintifik Pada Materi Iklan Untuk Siswa Kelas V Sdn 20 Talawi Kecamatan Koto Xi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(1), 38-44.
Choridah, D. T. (2013). Peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 194-202.
Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.
Hamdi, H., Halim, A., & Pontas, K. (2015). Pengembangan Dan Penerapan Modul Pembelajaran Materi Teori Dasar Bentuk Muka Bumi Untuk Meningkatkan Kognitif Mahasiswa Pendidikan Mipa Fkip Unigha Sigli. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 22-34.
Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 47-59.
Lestari, N. W. S., Kiswardianta, R. B., & Pujiati, P. (2019, December). Penyusunan Modul Mikrobiologi Melalui Riset Isolasi Jamur Patogen Pada Tanaman Cengkeh. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS (Vol. 4).
Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116-126.
Najuah, P.S. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Yayasan Kita Menulis.
Nana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Klaten: Lakeisha.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.
Pratiwi, R.D. (2014). Ensikolopedia (Bangun Datar). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktek dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sinthiya, P. A I. A., & Sobri, M. R. (2021). Rancangan Aplikasi Sistem Cerdas Pembelajaran Ilmu Bangun Datar SD Negeri 01 Candiretno. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 4, 19-25.
Suastika, I. K. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Berbasis Tematik Saintifik. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 24-32.
Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif: Konsep, Landasan, dan Impelementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Utaminingsih, C. D. T. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Dalam Materi Pecahan Untuk Kelas 5 SD. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 408-419.
Wibowo, D. R. (2017). pendekatan saintifik dalam membangun sikap kritis siswa pada pembelajaran akidah akhlak (Studi di MIN Yogyakarta II). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 134-150.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sherly Mellinia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id