KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENURUT PERSPEKTIF KELAS PARALEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi per perspektif kelas paralel siswa SMA tahun pertama. Penelitian berlangsung pada awal semster genap 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Karawang yang submit jawaban atas tes unjuk kerja keterampilan menulis melalui google form. Mereka berjumlah 137 siswa. Sampel berjumlah 102 yang dipilih secara random. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel dan uji Anova searah via SPSS. Syarat pengujian homogenitas variansi dan normalitas kurva metode Lilifors semua terpenuhi melalui SPSS. Ditemukan uji t satu sampel sebesar 0,411 pada sig. 0,682 sehingga sig. 0,682 > 0,05 yang bermakna mean observasi 6,05 sama dengan mean dugaan 6,00. Mean observasi 6,05 setara dengan nilai relatif sebesar 41,21 persen. Persentase ini termasuk dalam kategori rendah. Nilai F = 0,134 pada sig. 0,970 sehingga sig. 0,970 > 0,05 yang bermakna tidak terdapat terdapat perbedaan mean keterampilan menulis teks eksposisi antara kelas kelas X-1, kelas X-2, kelas X-3, kelas X-4, dan kelas X-5. Hasil penelitian ini berkontribusi kepada institusi terkait tentang pembelajaran menulis teks eksposisi dalam konteks dengan perspektif gender dan kelas paralel.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Metode Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sarasvati, 3(1), Januari 2021, 33-45.
Ajis & Siahaan, Rachel Yoan K.P. (2022). Pengetahuan dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA Negeri 1 Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), Mei 2022, 343-354.
Arianti. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), Juni 2018, 117-134.
Asy-Syinawi, Abdul A. (2013a). Biografi Imam Malik: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.
Asy-Syinawi, Abdul A. (2013b). Biografi Imam Syafi’i: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 2018, 106-124.
Creswell, John W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi III. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Cetakan III. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Fraenkel, Jack R.; Wallen, Norma E.; Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill.
Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment: An Advanced Resource Book. New York: Routledge.
Handayani, L. & Isnaniah, S. (2020). Analisis Kelayakan Isi Buku Ajar Sahabatku Indonesia dalam Pembelajaran BIPA, Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), Juni 2020, 25-35.
Kemper, Elizabeth A.; Stringfield, S.; & Teddlie, C. (2010). Teknik Penyampelan Metode Campuran dalam Penelitian Sosial. Handbook of Mixed Methods in Social Behavioral Research. Editor: Abbas Tashakkori & Charles Teddlie. Penerjemah: Daryatno. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemuning, I.; Razak, A.; & Auzar (2017). Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Plus Bina Bangsa Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, 4(2), Oktober 2017, 1-8.
Kinanti, Lutfia Putri & Sudirman. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. Sosieta s, 7(1), Juni 2017, 341-345.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
Mahsun. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks 2013. Depok: Raja Grafindo Persada.
Malik, Ranbir S. & Hamied, Fuad A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researches. Bandung: UPI Press.
Mayrita, H. & Khairunnisa F. (2019). Evaluasi Komponen Kelayakan Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia: Kesesuaian Materi dengan Kurikulum. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), April 2019, 408-416.
Murni; Hakim, N; & Razak, A. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Siak Kecil. Jurnal Online Mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, 6 (2), November 2019, 294-300.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: ar-Ruzz Media.
Nurhikmah; Hakim, N.; & Auzar. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tambusai Rokan Hulu. Jurnal Online Mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, 6(2), Desember 2019, 139-146.
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual, Edisi Ketujuh. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A, (2019). How to Teach Your Student to Write the Text: Student Worksheets Bank in Learning to Write in Senior High School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2020a). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.
Rothstein, Anne L. (1985). Research Design and Statististics for Physical Education. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Sanjani, Maulana A. (2020). Tugas dan Peran Guru dalam Proses Peningkatan Belajar-Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), Juni 2020, 35-42.
Santoso, S. (2002). SPSS versi 10: Mengolah Data Statistik secara Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sari, Rina M. & Cahyani, I. (2022). Deskripsi Pengetahuan Kaidah dan Aspek Kebahasaan Teks serta Keterampilan Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1 (3), Mei 2022, 389-402.
Siagian, D. & Sugiarto. (2000). Metode Statistika: Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stuti, D.; Razak, A.; & Sinaga, M. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas XI SMA Tri Bhakti Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, 6 (1), Januari 2019, 195-205.
Sumiati. (2018). Peran Guru Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), Juli 2018, 145-164.
Suwardi, I. & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), Desember 2018, 181-202.
Yenti, N.; Ramadhanti, D.; & Laila, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1 (1), Januari 2022, 93-102.
Yestiani, Dea K. & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), Maret 2020, 41-47.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8994
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Abdul Razak, Lina Siti Nurwahidah, Deasy Aditya Damayanti, Agus Hamdani, Abdul Hasim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id