PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI HIDROSFER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantuan media monopoli hidrosfer terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret-Juni 2022. Populasi penelitian ini adalah kelas VA dan VB SD Negeri 164 Pekanbaru tahun pelajaran 2021/2022. Kelas VA dijadikan sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantuan media monopoli hidrosfer, sedangkan kelas VB dijadikan sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk hasil belajar. Kedua kelompok akan mendapatkan pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa dan posttest untuk mengetahui kondisi akhir siswa setelah diberi perlakuan. Hipotesis di uji menggunakan Independent Sample T test. Dari hasil analisis data disimpulkan uji hipotesis diperoleh hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000. Maka didapatkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantuan media monopoli hidrosfer terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jika dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen dan kontrol, hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kelas kontrol.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A’yuningsih, D. Q., Suardana, N., & Suwenten, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 38–47.
Aden, O. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Berbantuan Media Palu Kombipoli Terhadap Hasil Belajar Matematika. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Amaliyah, S. N., Rusijono, R., & Subroto, W. T. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Pada Subtema Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(3), 1–16. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1100-1115
Amni, Z., Ningrat, H. K., & Raehanah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2840–2848. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.25716
Arifin, S., Utomo, P., & Anisa, N. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) dengan Simulasi Media Monopoli pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 629–642.
Damayanti, S., & Apriyanto, M. T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM : Jurnal KajianPendidikan Matematika, 2(2), 235–244. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Erfayliana, Y. (2016). Aktivitas Bermain dan Perkembangan Jasmani Anak. TERAMPIL: JurnalPendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 145–158.
Fitriyawany. (2013). Penggunaan Media Permainan Monopoli Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mahasiswa Fisika Fakultas Tarbiyah dengan Konsep Tata Surya. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 13(2), 223–239.
Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2017). Pengaruh Model embelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar IPA di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. Internatonal Journal of Elementary Education, 1(4), 249–263.
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa.
Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.
Ismah, Z., & Ernawati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 82–85. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.576
Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan Media Belajar Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 10–15.
Ma’ani. (2020). Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas Iii di SDN 38 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Masnarati, C. (2020). Penerapan Permainan Monopoli Dengan Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 103–114.
Mulianingsih. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa di Kelas XII IPS SMA Negeri 4 Depok. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nasution, W. N. (2017). The Effects of Learning Model and Achievement Motivation on Natural Science Learning Outcomes of Students at State Islamic Elementary Schools in Medan, Indonesia. Journal of Education and Training, 4(2), 131–150. https://doi.org/10.5296/jet.v4i2.11144
Pujiastuti, A. U. (2016). Penerapan Kooperatif Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SDN Kebonharjo I. JPDN : Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 16–36.
Purwanto, & Annisa, J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(2), 34–39.
Rahayu, G. D. S., & Nugraha, F. F. (2018). Effect of Cooperative Learning Model Type Team Game Tournament (TGT) on Cross-Cultural Skills in Learning Science Social Knowledge in Primary School. PRIMARYEDU : Journal of Elementary Education, 2(1), 63–70.
Rosyana, W., Mulyani, S., & Saputro, S. (2014). Pembelajaran Model Tgt (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Permainan Monopoli Dan Permainan Ular Tangga Pada Materi Pokok Sistem Koloid Ditinjau Dari Kemampuan Memori Kelas Xi Sma Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(2), 74–81.
Safarina, E. I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Kerjasama. NATURAL : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 32–38.
Septiawan, M. A. E., Rati, N. W., & Murda, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11.
Sholihah, N. (2011). Penerapan Model Cooperative Learning tipe TGT (Team Game Turnament) dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn pada Siswa Kelas IV SDN 03 Glagahwaru Kudus. In Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Slavin, R. E. (2008). Cooperatif Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Terjemahan Nurulita Yusron.Cooperatif Learning (Theory,Research, And Practice). Nusa Media.
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media.
Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010
Suryani, P., Agustyaningrum, N., & Hasibuan, N. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Touraments Dengan Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smk Kolese Tiara Bangsa. PYTHAGORAS Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 101. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i2.2011
Tran, V. D. (2014). The Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement and Knowledge Retention. International Journal of Higher Education, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.5430/ijhe.v3n2p131
Veloo, A., & Chairhany, S. (2013). Fostering Students’ Attitudes and Achievement in Probability Using Teams-games-tournaments. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 59–64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.152
Widayanti, E. R., & Slameto. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Scholaria, 6(3), 182–195. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p182-195
Wijayanti, A. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Dasar Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 9(1), 15–21.
Wyk, M. M. van. (2011). The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. Journal of Social Sciences, 26(3), 183–193. https://doi.org/10.1080/09718923.2011.11892895.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.8986
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Puputri Alda, M Jaya Adiputra, Erlisnawati Erlisnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id