PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SDN 011 SUNGAI SALAK
Abstract
Tujuan penelitian ini menerapkan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Media adalah alat penghubung yang mampu menghubungkan atau mengomunikasikan, karenanya media adalah sesuatu yang penting bagi kelancaran pembelajaran, bahwa media merupakan alat untuk memberikan perangsang bagi siswa dalam proses pembelajaran. Media gambar berperan penting pada kegiatan proses pembelajaran, pesan yang disampaikan melalui media gambar melalui indera penglihatan. Media gambar menjadi sarana pembelajaran untuk penyampaian materi dari guru kepada siswa yang bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi, mengingat-ingat isi materi yang dijelaskan oleh guru, menambah wawasan siswa, membantu minat siswa untuk mengikuti pembelajaran, serta memfasilitasi aktivitas, dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart, dilaksanakan di SDN 011 Sungai Salak. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa, 11 Laki-laki, dan 9 Perempuan. hasil belajar yang diperoleh dari pra siklus, siklus I, dam siklus II semakin meningkat. Selama siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 75.25 dan ketuntasan klasikal 75% meningkat dari ketuntasan klasikal pra siklus. Sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 85.50 dan ketuntasan klasikal yang menunjukkan angka 90%, dalam hal ini tercapainya tujuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 011 Sungai Salak.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Fatimah1, Soewarno., & Suci. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 1 (2). 1-10.
Fauzi., Rahmat,. Dwiastuti., & Harlita, Sri. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi. 3 (3). 79-87.
Gunadi, K. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Tutor Sebaya Berbantuan Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri Sukasada Tahun Ajaran 2011/2012. Fakultas Teknik dan Kejuruan Pendidikan Ganesha, 1 (3). 67-79.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hartono. (2007). Strategi Pembelajaran. Pekanbaru : LSFK2P
Hendracipta, Nana., Syachruroji, A., & Hermawilda. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Strategi Inkuiri Dengan strategi Ekspositori. JPSD. 3(1), 33-41.
Kasmawati., et al. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
IPA Melalui Penggunaan Media Gambar di Kelas IV SD Inpres Banpres Posona.
Jurnal Kreatif Tadulako Online. 1(2).
Ngongo, Khristoforus Palli., & Gafur, Abdul. (2017). Hubungan Keterlibatan Dalam Organisasi Badan (BEM) dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 4(1). 101-112.
Permatasari, Norhayati Endah. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajara Kooperatif tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD. 3 (2). 96-104
Prihatiningsih, Eko., & Eunice Widyanti, Setyanigtyas. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPSD. 4 (1). 1-14.
Purwanto., M,. Ngalim. (2006). Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rianti, Luh., & Nulhakim, Lukman. (2017). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (Sfae) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD. 3(1). 64-73. ISSN 2540-9093.
Riyono, B., & Retnoningsih, A. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Strategi Inkuiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. journal of Biology Education. 4(2). 15-26
Rozie, Fachrur. (2013). Pengembangan Media Video Pembelajaran Daur Air Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains. 1(4). 413 – 424.
Rudi., & Cepi., Riyana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung : Wacana
Sa’adah, Jamilatus. (2017). Metode Pembelajaran “Picture and Picture” Dalam Menulis Teks
Cerita Fiksi Novel Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/ MA/SMK/ MAK Kelas X11 Semester 2 Kurikulum 2013. Bahastra, 37(1), 45-48.
Sediasih. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make a Match Pada Mata Pelajaran PKN dikelas V SDN. Karya Wangi 2. JPSD. 3 (1). 74-81
Sukayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika
Sohibun., Filza Yulina Ade,. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive, Jurnal Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. 02 (2). 121-129
Sulfemi, Bagja,W., & Minati, Hilga. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture Dan Media Gambar Seri. JPSD. 4(2). 228-242.
Sulfemi, Wahyu, Bagja. (2016). Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X
SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho. 5 (2). 52-70
Sulistyorini, Sri. (2007). Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta : Tiara Wacana.
Utami, Setyo, Yunita. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Research & Learning In Primary Education. 2(1). 104-109.
Windiyani, Tustiyana. Novita, Lina., & Permatasari, Anisa. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. JPSD. 4(1). 1-14.
Yuliana, Rina, Cahyani, Isah. & Sastromiharjo, Andoyo. (2015). Penerapan Strategi PartisipatifMelalui Media Gambar Denah Dan Kartu Pancing Foto Dalam Pembelajaran Pemahaman Konsep Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPSD, 1 (2). 98-108.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8965
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurhayati Nurhhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id