PENDEKATAN STEAM BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI BANGUN DATAR SISI BANYAK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran materi bangun datar sisi banyak dengan pendekatan STEAM berbasis video pembelajaran. Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mendeskripsikan secara logis dan sistematis tentang perencanaan pembelajaran bangun datar sisi banyak dengan video pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VI dan kepala sekolah di Sekolah Dasar. Data yang dikumpulkan berupa narasi deskriptif tentang perencanaan pembelajaran materi bangun datar sisi banyak dan dokumen perencanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan tahapan reduksi data, tampilan data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Triangulasi sumber dilakukan dengan mengecek hasil wawancara guru dan kepala sekolah perencanaan pembelajaran. Triangulasi metode dilakukan dengan membandingkan hasil wawancara dengan hasil pengamatan dokumen. Dokumen pada perencanaan pembelajaran yang diteliti adalah lesson plan atau RPP, bahan ajar, LKPD, media pembelajaran, dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran STEAM yang dilakukan oleh guru kelas VI sekolah dasar telah memenuhi unsur science, technologi, engineering, dan math, namun unsur art belum terpenuhi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adi, WA., Relmasita, SC., & Hardini, AT. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 288-294.
Amelia, W. & Marini, A. (2022). Urgensi Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 291-298. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/
Anderson, R., Davis, K. M., Linnell, N., Prince, C., & Razmov, V. (2007). Supporting active learning and example based instruction with classroom technology. In ACM SIGCSE Bulletin, 39(1), 69-73.
Badriyah, NL., Anekawati, A., & Azizah, LF. (2020). Application of PjBL with Brain-based STEAM Approach to Improve Learning Achievement of Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 88-100. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi
Estriyanto, Y. (2020). Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) pada Guru-guru Sekolah Dasar di Pacitan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 13(2), 68-74. https://dx.doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.45124.
Garret, Tracey. (2008). Student-Centered and Teacher-Centered Classroom management: A Case Study of Three Elementary Teachers. Journal Of Classroom Interaction, 43(1), 36-48.
Limbung, I., Munawar, M, & Kusumaningtyas, N. (2019). Perencanaan Pembelajaran PAUD Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic). http://conference.upgris.ac.id/index.php.
Lince, R. (2016). Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Models Numbered Heads Together. Journal of Education and Practice, 7(6), 206–212.
Mardlotillah, AN., Suhartono, & Dimyati. (2020). Pengaruh Pembelajaran STEAM Terhadap Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi pada Siswa Kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in Jagalempeni. Jurnal JPSD, 7(2), 157-168. http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/.
Nirmalasari, P., Jumadi, & Ekayanti, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Math) untuk Penguatan Literasi-Numerasi Siswa. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Riyanti, ED., Roshayati, F., & Purnamasari, V. (2019). The Profile of Elementary Teachers’ Understanding in STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Approach. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4),678-686. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php.
Saida, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(2), 123-128. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD.
Septiani, I. & Kasih, D. (2021). Implementasi Metode STEAM Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Alpha Omega School. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(4), 192-199. http://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP.
Yuyun Estriyanto. (2020). Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Eingeneering, Art and Mathematic) pada guru-guru Sekolah Dasar di Pacitan. Jurnal JIPTEK, 13(2). https://dx.doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.45124.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8940
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 arum susilowati, bekti ningsih, sumini sumini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id