PODCAST SEBAGAI MEDIA DIGITAL PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGANNYA

Ulpah Samrotul Puadah, Nur Ela, Linda Aji Apriani, Dadan Nugraha

Abstract


Artikel ini membahas tentang proses pengembangan, kelayakan podcast sebagai media digital pada materi interaksi manusia dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana materi IPS mengenai interaksi manusia dengan lingkungannya yang dikemas melalui media digital podcast layak digunakan dan mempermudah penggunaan serta meningkatkan pemahaman para pendengarnya. Penelitian ini dilakukan secara daring dengan subjek penelitian Mahasiswa PGSD UPI Kampus Sumedang. Metode penelitian yang digunakan merupakan konsep research and development ADDIE. Konsep penelitian model pengembangan ADDIE ini meliputi beberapa tahapan, yakni tahapan Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket untuk validasi media. Berdasarkan hasil analisis validasi dapat disimpulkan bahwa kualitas produk media digital podcast yang dikembangan termasuk dalam kategori layak, Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa yaitu mahasiswa pertama , mahasiswa kedua dengan perolehan rerata kevalidan media memiliki nilai sebesar 3.83 dengan kategori valid, kevalidan bahasa sebesar 3.25 dengan kategori valid dan kevalidan materi dengan nilai sebesar 4 dengan kategori sangat valid. Dengan perolehan rerata kategori seluruhnya 3.69. Dengan Adanya penelitian ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi terkendalanya kegiatan pembelajaran terlebih solusi mengenai media dalam pembelajaran.

 

 


Keywords


Media Pembelajaran, Media Digital, Podcast

References


Asmi, A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio berbasis Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(1), 49–56. https://doi.org/10.17509/historia.v3i1.21017

Hutabarat, P, M. (2020). PENGEMBANGAN PODCAST SEBAGAI MEDIA SUPLEMEN Jurnal Sosial Humaniora Terapan. 2(2), 107–116.

Jamaludin, U. & Rachmatullah, R. 2018. Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi Bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi : CV. Nurani.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Prenada Media.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 3(02), 126–136.

Mulyono, D. D., & Himmah, R. (2021). PODCAST SEBAGAI MEDIA SUPLEMEN PEMBELAJARAN. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 5(1), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jike.v5i1.2323

Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Saksono, W. T., & Faiza, I. (2014). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcasts As Audio-Based Learning Resources. Teknodik., 18.(3), 304–314.

Sudarmoyo. (2020). Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan, 5, 65–73. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i2.212

Surahman, S., & Tosepu, Y. A. (n.d.). Podcast dan Teori Uses & Gratifications.

Susilowati, R. D., Sutama, S., & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 68-78.

Umniyyah, N., & Hidayat, R. (2021). Pengembangan media berbasis audio melalui podcast spotify untuk menunjang pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.17977/um066v1i12021p34-39




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ulpah Samrotul Puadah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id