UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (FOTO) PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 001 PUJUD SELATAN KAB. ROKAN HILIR

Elliya Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa peningkatan hasil belajar pada bidang study IPS yang diperoleh siswa dengan menggunakan media gambar/foto dalam  proses pembelajaran tentang Karakteristik geografis Indonesia sebagai Negara kepulauan/maritime dan agraris  di semester ganjil kelas V Tahun Pelajaran  2021/2022. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pujud Selatan Kec.Pujud Kab.Rokan Hilir. Siswa di Kelas V ini berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Data yang dikumpulkan melalui pengamatan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui keaktifan guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun peneliti. Dan data yang digunakan untuk mengumpulkan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes formatif, yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar/foto dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dimana, sebelum diadakannya perbaikan pembelajaran nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada ulangan 66,7, setelah perbaikan diperoleh rata-rata pada siklus-1 siswa memperoleh nilai 75 dengan persentase pencapaian ketuntasan 68%, dan pada siklus-2 diperoleh rata-rata nilai 78,4,dengan persentase pencapaian ketuntasan 88%.

 


Keywords


Media Gambar, Hasil Belajar, IPS

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Azis., Maleha. (2005). Pembinaan Disiplin Dapat Menumbuhkembangkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Ilmu Budaya. 1(2). 1-65

Budiarti, Yesi. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran IPS”, Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro, 3(1). 61-72.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Jakarta. Depdiknas

Hartono. (2007). Strategi Pembelajaran. Pekanbaru : LSFK2P

Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 113. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359

Kurniasih., Imas. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Surabaya : Kata Pena

Kurniawati, I. D., & Wakhyudin, H. (2014). Efektivitas Model Think Pair Share Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal Universitas PGRI Semarang. 4(1), 57-66.

Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Permendikbud. (2013). Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Stansar Kompetensi Kelulusan. http://mbscenter.or.id/site/page/302?title=Permendikbud+Nomor+54+Tahun+2013Tentang+Stadar+Kompetensi+Lulusan. Retrieved. 07-04-2022

Purwanto., M,. Ngalim. (2006). Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rudi., & Cepi., Riyana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung : Wacana

Sadiman., Arief., S., et all,. (2006). Media Pendidikan. Jakarta : PT Grafindo Persada

Saroni., Muhammad. (2006). Manajemen Sekolah Kiat menjadi Pendidik yang Kompeten. Yogjakarta : Ar-Ruzz

Sriwidayah. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Unsur Intrinsik Cerita Di Kelas Vi Sdn Jogosatru. Dwijacendekia Jurnal Riset Pedagogik. 1 (1). 84-91

Suniasih., Ni Wayan., S. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Dan Sikap Sosial Pada Tema Cita-Citaku Siswa Kelas Iv Sd N 4 Ubung. Mimbar Pgsd Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5164.

Suryanita, N. P., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 258–269. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14282.

Syaiful., Bahri Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Widyaningrum, H. K. (2016). Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng Anak PADA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02)




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Elliya Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id