PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL ASHATAL (ARAHAN SHALAT DIGITAL) BAGI SISWA KELAS II SD

Rika Luviana, Dina Nuryani, Shelly Ainun Maulida, Ani Nur Aeni

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengembangan media audio visual ASHATAL (Arahan Shalat Digital) yang bertujuan untuk membantu siswa kelas II SD dalam memahami materi mengenai tata cara dan bacaan shalat, serta membantu guru untuk menyampaikan bahan ajar dengan menggunakan platform digital sehingga keterbatasan ruang dan waktu dapat teratasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Design & Development (D&D) dengan menggunakan model tahapan ADDIE. Pada tahap analisis, terdapat tiga aspek utama yaitu analisis materi pembelajaran, pengguna, dan perangkat yang digunakan. Desain media mengembangkan dua komponen yaitu audio dan visual dalam bentuk aplikasi buku digital. Media audio visual ASHATAL (Arahan Shalat Digital) diuji cobakan kepada guru Pendidikan Agama Islam (PAI), siswa kelas II di salah satu SD Negeri di Kecamatan Sumedang Utara, dan ahli materi untuk mendapatkan penilaian terhadap pengembangan media yang digunakan. Berdasarkan penilaian  produk, diperoleh validasi dari ahli materi dengan rata-rata sebesar 100% terkait isi materi dan kualitas media. Penilaian dari guru Pendidikan Agama Islam (PAI) diperoleh rata-rata sebesar 100% terkait isi materi dan kualitas media. Serta penilaian yang dilakukan oleh siswa diperoleh rata-rata sebesar 86%. Hal tersebut membuktikan bahwasannya media audio visual ASHATAL (Arahan Shalat Digital) sangat cocok digunakan oleh siswa di sekolah dasar khususnya sebagai media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi bahan ajar kepada siswa.

 

 


Keywords


media audio visual, tata cara shalat, bacaan shalat, sekolah dasar

References


I. J., . I. M. P. S. T. . M. T., & . U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Tata Cara Wudhu Dan Shalat Berbasis Animasi 3 Dimensi. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 7(3), 191. https://doi.org/10.23887/karmapati.v7i3.16076

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

APRILLIAN, N. E. (2018). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Peserta Didik Kelompok B Di Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Nurul Jadid Sepande Sidoarjo. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33822

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. March. https://www.researchgate.net/publication/315105651

Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021

Khotimah, K., Mustaji, & Jannah, M. (2021). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 223–235.

Pembelajaran, P. M., Pembelajaran, U., & Sekolah, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 33–43. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i3.20748

Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rika Luviana, Dina Nuryani, Shelly Ainun Maulida, Ani Nur Aeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id