MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SDN 15 JAKE KUANTAN TENGAH
Abstract
penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, tempat penelitian dilakukan di SDN 15 Jake Kuantan Tengah, Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar kelas VI yang berjumlah 28 orang, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswi perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian adalah setelah adanya penerapan pembelajaran dengan model discovery learning, kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan. Hal itu terbukti dari data hasil analisis kemampuan berpikir kreatif siswa persentase siswa yang tuntas pada pra siklus yaitu sebelum diberi tindakan yaitu berjumlah 46.5%, kemudian pada siklus I ditemukan persentase siswa yang tuntas sebesar 64.3%, dan pada siklus ke II terjadi peningkatan yang signifikan didapat sebesar 92.9 %. Melihat hal tersebut dapat disismpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VI SDN 15 Jake Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aktas, G. S., & Unlu, M. (2013). Critical thinking skills of teacher candidates of elementary mathematics. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 831- 835.
Afifah, E. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95-107.
Arini, W. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Materi Cahaya Siswa Kelas VIII SMP XAVERIUS Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 23-38.
Atmojo, I. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Realita Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Konsep Dasar Ipa 1. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 130-139.
Balım, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1-20.
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif.
Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Hidayati, R. (2017). Keefektifan Setting TPS dalam Pendekatan Discovery Learning dan Problem-Based Learning pada Pembelajaran Materi Lingkaran SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (1) ; 78-86.
Kurniati. (2017). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker Untuk Meningkatkan Disposisi Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Kreano. 8(2) : 109-118.
Kusumadewi. (2013). Kefektifan CTL Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Segiempat. Jurnal Kreano. 4(1):57-63.
Mawaddah. (2015). Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Metakognisi dan Kemampuan Berpikir kreatif Matematis . UJMER. 4(1): 10-17.
Rahman, M.H. (2017). Using Discovery Learning to Encourage Creative Thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies. 4(2): 98-103.
Rohim. (2012). Penerapan model discovery terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1-5.
Suparno, P. (2012). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Tumurun, S.W. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sifat-sifat cahaya. Jurnal Pena Ilmiah.1(1), 101- 110.
Yuliawati, N. (2017). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Perpindahan Energi Panas, Jurnal Pena Ilmiah, Vol 2, No 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8873
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fendita Zulayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id