MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA E-LKS WAYANG SUKURAGA PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR

Halimah Halimah, Dyah Lyesmaya, Arsyi Rizqia Amalia, Ira Komala, Mastoah Mastoah

Abstract


Artikel ini mencakup pembahasan tentang peningkakan keterampilan menulis deskripsi siswa melalui media E-LKS Wayang Sukuraga. Metode yang diterapkan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran di kelas. Populasi pada penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Mekarjaya tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 8 siswa diantaranya terdiri 4 siswa laki-laki dan perempuan. Data penelitian menggunakan observasi dan tes. Hasil data menyatakan bahwa penerapan media E-LKS wayang sukuraga mampu meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Dilihat dari hasil tes akhir menulis deskripsi siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari nilai prasiklus, siklus I dan siklus II yang telah dibahas. Berdasarkan data awal penelitian, nilai rata-rata tes menulis deskripsi mencapai 63, masih lebih rendah dari nilai KKM yang ditentukan di sekolah. Selanjutnya setelah menerapkan ELKS wayang sukuraga pada siklus I skor menulis deskripsi yaitu 71 kemudian pada siklus II skor menulis deskripsi yaitu 80. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ELKS dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Mekarjaya.

 

 


Keywords


keterampilan menulis deskripsi, wayang sukuraga, media E-LKS

References


Amalia, N., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Novia, Y., & Syafitri, V. (2021). Pengaruh Cerita Wayang Sukuraga Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 10 (6), 1463–1470. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8424

Andriani & Fausiah. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Kritis. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 14(1), 1. https://doi.org/10.35329/fkip.v14i1.143

Aqib, Z. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rama Widya.

Azzahra, F., Pribadi, R. A., & Taufik, M. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbantuan Google Drive Pada Pembelajaran Tematik. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10(6), 1695–1703. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8463

Dalman. (2020). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Dehani, S. K., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2021). Pengembangan E-LKS Ragamatika untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pindidikan Matematika, 05(02), 1537–1547.

Emilsa, L., & Guslinda. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas III SDN 188 Pekanbaru. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 8(2), 101–114. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v8i1.7556

Hilwa, N., Nurasiah, I., & Lyesmaya, D. (2021). Pengaruh Media Wayang Sukuraga Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 10 (6), 1482–1489. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8428

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pemeblajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mahpudin, M., & Yuliati, Y. (2019). Peran Budaya Lokal Terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar di Cirebon. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 287–292. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2402

Murdiyati, S. (2020). Peranan Bahasa Indonesia Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Journal of Education Research, 2(3), 25–30. http://pub.mykreatihttp//pub.mykreatif.com/index.php/educatif

Ramadhani, M., & Gafari, M. O. F. (2019). Development of Interactive Learning Media on Material Writing Short Story Texts Based on Experience. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal. 2(4), 91–102. https://doi.org/10.33258/birle.v2i1.189

Rosnaningsih, A., Ardelia, E., & Anggestial, T. (2021). Pengembangan E-LKS Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Model ADDIE Di Sekolah Dasar Negeri Karawaci Baru 4 Kota Tangerang. Jurnal Ikraith-Humaniora, 5(3), 44-53.

Sari, E., Aprinawati, I., & Ananda, R. (2021). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 250–262. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2036

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945.

Tarigan, H. G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Utami, A. P., Zuhdiyah, & Paradesa, R. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1).

Utami, S. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 137. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5346




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Halimah -, Dyah Lyesmaya, Arsyi Rizqia Amalia, Ira Komala, Mastoah -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id