PENGARUH POLA KEPEMIMIPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD DI KECAMATAN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN

Sri Suwartini, Isna Rahmawati, Putri Zudhah Ferryka, Sabar Sabar

Abstract


Artikel ini membahas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten. Jenis penelitian yang digunakan bersifat ex-post facto karena didalam penelitian tersebut hanya menyajikan data peristiwa yang sudah berlangsung dan telah ada pada responden tanpa memberikan perlakuan atau manipulasi terhadap variable yang diteliti. Subjek dan populasi pada penelitian tersebut melibatkan 70 guru di sejumlah 5 SD Negeri di kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten. Data dikumpulkan menggunakan teknik Angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 24.1% terhadap peningkatan kepuasan kerja guru SD di wilayah Kecamatan Gantiwarno. Kepemimpinan kepala sekolah  tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru SD yang disebabkan karena (1) Tidak adanya kemauan atau dorongan  kepala sekolah  yang kuat dengan penuh semangat dan percaya pada guru, staff, dan siswa dalam melaksanakan tugas masing-masing. (2) Kepala sekolah tidak memberikan bimbingan dan mengarahkan pada guru, staff dan para siswa serta memberikan dorongan, memacu dan berdiri di depan demi kemajuan dan memberikan inspirasi sekolah dalam mencapai tujuan.

.

 

Keywords


pola kepemimpinan kepala sekolah, kepuasan kerja

References


Dominick, E. (2012). Principal findings and implications for evaluating and designing more effective educational environment. American educational reseach Association; http://www.jstor.org 1 Januari 2012, Journal.

Hamdan, Y. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kohesitivas Kelompok Guru terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnah Khazanah Akademia 2, 1 39-51.

Herzberg, F. (2011). Herzberg‟s Motivation-Hygiene Theory and Job Satisfaction in The Malaysian Retail Sector: The Mediating Effect Of Love Money.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Septiana, R. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Wonosari. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2 (1), 107-118

Sunway University Malaysia: Teck Hang Tan and Amna Waheed

Hamzah B. & Uno. (2006). Profesi Kependidikan. Prolema. solusi. dan reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2007). Organisasi Dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Lana, A. (2004). Executive Education is Now a Key element of Corporate Strategy-Developing Leadership Attracting and Retaining Talent and Promoting Innovation Journal of Bank and Financial Services. 118.5

( October-November 2004) : P42. From Expanded Academic AS

Muhammad, I., & Yusanto. (2002). Menggagas Bisnis Islami. Jakarta: Gema Insani Press.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanang, M. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta : Penerbit Rajawali Pers.

Nurmiyanti, L., & Candra, B. Y. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 13–24

Permendiknas nomor 16 tahun 2007)tentang standar kualifikasi akademik dan kompeteni guru tahun 2009 tentang tunjangan profesi.

Ravianto, V. & Sagala, E. J. (2009), Manajemen Sumber daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. (Edisi II), Jakarta : PT Raja Grafindo Perkasa.

Sari, F. (2013). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Galeri Ciumbulueit Hotel dan Apartement. Bandung. Universitas Pasundan.

Sedarmayanti. (2004). Good Governance, Membamgun Sistem Manajemen Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas Menuju Good Governance. Bandung : Mandar Maju

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sutarto, W.(2010). Psykologi Industri dan Organisasi, Jakarta : Penerbit Kencana Prenada media Group.

Suryana, S. (2011). Perilaku Organisasi, Bandung: Universitas Padjadjaran.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Suwartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id