PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI SUPERVISI PENDIDIKAN DI SDN 017 SEBERANG TEMBILAHAN

Muhammad Muhammad

Abstract


Tugas utama pembelajaran akan efektif jika guru memiliki derajat profesionalitas tertentu yang tercermin dari kompetensi, kemahiran, kecakapan, atau keterampilan yang memenuhi standar mutu atau norma etik tetentu. Kompetensi yang baik ketika guru memiliki kemampuan dalam pembelajaran agar siswa bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran, hal ini perlunya pemberian bantuan atau pengembangan kemampuan kepada guru sehingga dapat meningkatkan profesional dalam proses pembelajaran yang disebut supervisi pendidikan. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan di SDN 017 Seberang Tembilahan. Subjek penelitian ini adalah guru, jumlah guru sebanyak 9 orang. Dua siklus yang memperlihatkan hasil kemampuan atau pemahaman guru semakin meningkat. Kondisi awal skor yang diperoleh 55%, 45%, 66% dan 45%, Siklus I Skor yang diperoleh 77%, 66%, 77%, dan 66%., sedangkan pada siklus II skor yang diperoleh 88%, 77%, 88% dan 77%. Secara keseluruhan profesionalisme guru semakin meningkat melalui supervisi pendidikan.

 


Keywords


Profesionalitas, Kemampuan, Supervisi Pendidikan

References


Ananda., Rizki, F. (2017). Evaluasi Pembelajaran IPS Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi di Sekolah Dasar. Basicedu, 1(2), 13.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Choiriatun, D. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Membuat Soal HOTS Melalui Kegiatan IHT di SDN 01 Nongsa Kota Batam Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 215.

Danim, Sudarwan., & Khairil. (2012). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Danim Sudarwan., & Khairil. (2011). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto., & Tasrial. (2011). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gavamedia

Kurniasih, I. (2017). Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Mardhiah, Ainon., Yusrizal, & Usman., Nasir. (2014). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Supervisi Akademik Di Smp Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireuen. Jurnal Administrasi Pendidikan. 4(2), 1-11.

Ngalim, P. (2014). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Rimang, S.S. (2011) Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna. Bandung. Alfabeta.

Sagala, Syaiful. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung : Alfabeta.

Shabir U, M. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik : (Tugas dan Tanggung jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA, 2(2), 221–232

Sudjana Nana dkk. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suprahatiningrum, Jamil. (2013). Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Ar-Ruzz Media.

Supraptono, E. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Multimedia Interaktif Dalam Materi Microsoft Excel 2007. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(4).

Yamin, M. (2017). Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Jakarta: RajawaliPers.

Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id