PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TARI BERWAWASAN PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR

Riri Wulandari, Zufriady Zufriady, Neni Hermita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tari berwawasan peduli lingkungan. Karena pada saat ini masih terdapat beberapa guru yang saat mengajar menggunakan metode ceramah dan demonstrasi, oleh karena itu mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang efektif dan memakan banyak waktu serta tenaga untuk menjelaskan proses demi proses ketika mengajar di kelas (Achmad dan Asidigisianti, 2016). Untuk menghindari hal tersebut maka dibutuhkan media yang tepat dan dapat menggambarkan setiap proses demi proses dari mulai persiapan hingga selesai tanpa harus memakan waktu yang cukup lama dan dapat digunakan kembali serta dapat menarik daya minat siswa dalam belajar sehingga siswa tidak merasa bosan ketika belajar. Oleh sebab itu seorang guru diminta untuk dapat menciptakan sebuah media pembelajaran, dengan menggunakan media pembelajaran akan mempermudah guru dalam menyampaikan materi, sehingga media pembelajaran dapat digunakan sebagai media yang menggabungkan suara dengan gambar sehingga akan lebih menarik perhatian ketika proses pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran akan mempermudah guru dalam menyampaikan materi, sehingga media pembelajaran dapat digunakan sebagai media yang menggabungkan suara dengan gambar sehingga akan lebih menarik perhatian ketika proses pembelajaran. Media pembelajaran juga memiliki kelebihan yang salah satunya adalah dapat dilihat secara berulang-ulang apabila membutuhkannya. dari penelitian ini yaitu dengan skor rata-rata sebesar 78,98% dengan kategori sangat baik.

 


Keywords


Media Pembelajaran Tari Berwawasan Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Ahmad Rivai & Nana Sudjana. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya).

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Dewi, Kurnia. 2017. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Fkip. UIN Raden Fatah Palembang.

Febriyanti, A. L dkk (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Menulis. Jurnal Pendidikan, 2(10), 1399–1408.

Ibda, Fatimah. (2015) “Perkembangan Kognitif Teori Jean Piaget”. Jurnal Intelektualita. 3, (1), 27-38.

Ihsaniah, Dita Putri. (2019). Penguatan Program Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Tari di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 4 (1), 130.

Muna, Hidayatul, Nizaruddin dan Yanuar Hery Murtianto. 2017. Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kekas XI. Jurnal Aksioma. 8, (2),11.

Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 03(01).

Riduwan dan Sunarto. (2017). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D).Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryono, I. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taufik, Achmad Rizani dan Asidigisianti Suya Patria. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di SMP Negeri 1 Turi Lamongan. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 4 (3), 428.

Uno, Hamzah. 2010. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Wahyuni, Rhisma. (2014). Pemanfaatan Alam Untuk Kreativitas Gerak Tari Di SMAN 1 Martapura. Jurnal Fkip Unila. 3 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riri Wulandari, Zufriady -, Zufriady -, Neni Hermita, Neni Hermita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id