PENGGUNAAN MODEL PAIRING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI GEOMETRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran, motivasii belajar siswa, dan hasil belajar melalui penggunaan model PAIRING pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Desain penelitian ini berupa penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Amparaya 2 selama dua siklus dalam empat kali pertemuan. Hasil aktivitas guru menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus satu dan siklus dua dengan perolehan skor 23 sampai dengan skor 30 dengan kriteria sangat baik, hasil aktivitas siswa secara klasikal pada siklus satu dan siklus dua meningkat dari 60% menjadi 100%, hasil motivasi belajar siswa pada siklus satu dan siklus dua meningkat dari 77% menjadi 93% dengan kriteria motivasi belajar tinggi, dan hasil belajar materi geometry siswa pada siklus 1 dan siklus 2 meningkat dari 65% menjadi 88% dengan kriteria tuntas. Penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran agar terjadinya peningkatan aktivitas, motivasi belajar dan hasil belajar pada materi geometry.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., Sugandi, A. I., & Siliwangi, I. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA KELAS XI SMA PUTRA JUANG DALAM MATERI PELUANG. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V2I1.62.
Aspar, Muhammad., Mujtaba, Imam., dkk. 2020. “Efektivitas Implementasi Mendongeng Terhadap Literasi Bagi Anak Usia Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Tersedia dalam http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.
Didaktis, D., Matematis, P., Kesulitan Belajar, M., Smp, S., Luas, P., Volume, D., Sulistiawati, L., Suryadi, D., & Fatimah, D. S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135–146. https://doi.org/10.15294/KREANO.V6I2.4833
Gulo. W. (2008). Strategi belajar-mengajar. Jakarta: PT Grasindo, Anggota Ikapi.
Huda, M. (2017). Model-model pengajaran dan pembelajaran: isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2013). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Kurnia, T. (2019). Skor terbaru PISA: Indonesia merosot di bidang membaca, sains, dan matematika. Jakarta: Liputan6.com.
Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.30656/GAUSS.V1I1.634.
Matematika, J. P., & Umar, W. (2016). STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS VERSI GEORGE POLYA DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 59–70. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/kalamatika/article/view/4549
Mustika & Riastini. (2017). Pengaruh model polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. International Journal of Community Service Learning, 1 (1), 31-38. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11897.
Novianingsih, H. (2016). PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.17509/JPGSD.V1I1.9063.
Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199–210. https://doi.org/10.24014/JURING.V2I3.7730
Nurhalimah, N., Baisa, H., & Asmahasanah, S. (2020). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI I’ANATUSSHIBYAN. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 29–41. https://doi.org/10.32832/JPG.V1I1.2865.
Pakpahan, S. P., & Sapta, A. (2020). PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MAPLE TERHADAP HASIL BELAJAR FUNGSI INVERS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), undefined-undefined. https://doi.org/10.24127/AJPM.V9I1.2666.
Pelatun, S, N. (2014). Penerapan metode snowball throwing dalam peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas III MI Pembangunan UIN Jakarta. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Polya, G. (1973). How to solve it: a new aspect of mathematical method. New Jersey. United States of America: Princeton University Press.
Prastitasari, H., Abdul, Q., & Cholis, S. (2018). Pengembangan bahan ajar berdasrakan pendekatan kontekstual pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol. 3, No. 12, Desember 2018, Hal 1599-1605. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.12554.
Pratama, S. R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENYELESAIKAN SOAL-SOAL APLIKATIF POKOK BAHASAN SEGI EMPAT PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 9JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014. KadikmA, 6(2). https://doi.org/10.19184/KDMA.V6I2.1985.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ULUMUDDIN.V9I1.283
Putra, R, B, H. (2018). Meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran matematika SD kelas V menggunakan model CTL materi bangun ruang. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Riastini, P. N., & Mustika, I. K. A. (2017). PENGARUH MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. International Journal of Elementary Education, 1(3), 189–196. https://doi.org/10.23887/IJEE.V1I3.11887
Rostika, D., & Herni, J. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SD dalam pembelajaran matematika dengan model diskursus multy representation (DMR). Jurnal Pendidikan Dasar | ISSN 2085-1243 Vol. 9. No.1 Januari 2017, Hal 35-46.
DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176.
Ruseniwatie. (2018). Meningkatkan motivasi dan kompetensi belajar pada mata pelajaran ppkn menggunakan metode investigasi kelompok. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 5 No. 3 November 2018, hal 231-242. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2853.
Sardiman, A. (2016). Interaksi dan dorongan belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Shoimin, A. (2016). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Suhardi, Y. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA TENTANG TERMOKIMIA DI KELAS XI MIPA-2 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 53. https://doi.org/10.32832/EDUCATE.V3I1.995
Sulistiawati. (2014). Analisis kesulitan belajar kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi luas permukaan dan volume limas. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Surya. ISBN: 978–602– 14432–2–4.
Sunardi., & Imam, S. (2016). Sumber belajar penunjang PLPG 2016 materi pedagogik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Wahyuddin, W. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148–160. https://doi.org/10.20414/BETAJTM.V9I2.9.
WATI, R. S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.47736/TAJDIDUKASI.V8I2.249.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Herti Prastitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id