ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP CALON GURU SEKOLAH DASAR PADA KONSEP PENCERNAAN

Andayani Andayani, Rif'at Shafwatul Anam, Monika Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pemahaman dari calon guru Sekolah Dasar (SD) mengenai konsep pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tipe survei yang diberikan kepada 105 calon guru SD. Instrumen yang disebarkan dalam penelitian ini dilakukan secara online berbentuk pilihan ganda yang berkaitan dengan konsep pencernaan dan kuesioner terkait dengan pengalaman belajar mereka mengenai konsep pencernaan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pada umumnya jawaban yang diberikan oleh calon guru belum sesuai dengan harapan hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata jawaban benar adalah sebesar 45.12% yang termasuk ke dalam kategori “Kurang”. Selain itu pengalaman belajar mengenai konsep pencernaan dari responden sebagian besar bersumber dari buku yang kurang interaktif, visualisasi, dan pengemasan konsep yang dianggap belum sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa perlunya sebuah pengembangan bahan/media ajar yang dapat memudahkan guru dalam memahami konsep pencernaan. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media Augmented Reality (AR), Media tersebut adalah Augmented Reality (AR), media ini merupakan kombinasi dari teknologi yang dapat menghadirkan konten yang dipelajari pada gadget di atas lingkungan dunia nyata. Selain itu dalam pembuatannya diperlukan diperhatikan aspek pedagoginya agar konsep yang diberikan dalam media ini mudah untuk dipelajari oleh pengguna.


Keywords


konsep pencernaan, pemahaman calon guru, AR

References


Anam, R. S., Widodo, A., & Sopandi, W. (2019). Teachers, pre-service teachers, and students understanding about the heat conduction. Journal of Physics: Conference Series, 1157, 022012. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022012.

Garzón, J., Baldiris, S., Gutiérrez, J., & Pavón, J. (2020). How do pedagogical approaches affect the impact of augmented reality on education? A meta-analysis and research synthesis. Educational Research Review, 31, 100334.

Johnson, L., Adams Becker, S., Cummins, M., Estrada, V., Freeman, A., & Hall, C. (2016). Horizon Report - 2016 Higher Education Edition. In NMC Horizon Report. http://www.nmc.org/publications/2014-horizon-report-higher-ed.

Krepf, M., Plöger, W., Scholl, D., & Seifert, A. (2018). Pedagogical content knowledge of experts and novices—what knowledge do they activate when analyzing science lessons?. Journal of Research in Science Teaching, 55(1), 44-67.

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, 3(2), 117. https://doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676.

Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841.

Saputro, R. E., & Saputra, D. I. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, 6(2), 153–162. https://doi.org/10.24002/jbi.v6i2.404.

Sheehan, M., Childs, P. E., & Hayes, S. (2011). Pre-Service Irish Science Teachers’ Misconceptions of Chemistry. Paper presented at the ESERA 2011 Conference: Science learning and Citizenship.

Sopandi, W., Latip, A., & Sujana, A. (2017). Prospective Primary School Teachers’ Understanding on States of Matter and Their Changes. Journal of Physics: Conference Series, 812(012075), 012075. doi: 10.1088/1742-6596/812/1/012075.

Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Enhancing elementary school students’ abstract reasoning in science learning through augmented reality-based interactive multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 288–297. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19249.

Wang, M., Callaghan, V., Bernhardt, J., White, K., & Peña-Rios, A. (2018). Augmented reality in education and training: pedagogical approaches and illustrative case studies. Journal of Ambient Intelligence and Humanized Computing, 9(5), 1391–1402. https://doi.org/10.1007/s12652-017-0547-8.

Widodo, A., Rochintaniawati, D., & Riandi. (2017). Primary school teachers’ understanding of essential science concepts. Cakrawala Pendidikan, 3(2017), 522-528. doi: https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.11921.

Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan media interaktif berbasis ispring materi sistem pencernaan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 85–94.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andayani Andayani, Rif'at Shafwatul Anam, Monika Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id